Notification

×

Iklan

Iklan

8 (Delapan) KH. Muhammad Faqih (Maskumambang, Gresik) (Pendiri NU dan Wakil Rois Akbar)

| Desember 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-21T10:31:33Z
tegursapanews -  Alasan masing-masing adalah: 

Alasan KH. Hasyim Asy'ari melarang memakai kentongan: karena tidak ada dalil yang memperbolehkan untuk memanggil sholat dengan memukul kentongan, pemikiran beliau atas pelarangan memakai kentongan ini beliau tuangkan dalam sebuah kitab yang berjudul "Risalatus Kasus Fi Bayari Hukmin Nuqus". 

Alasan KH. Muhammad Faqih Maskumambang memperbolehkan: karena di qiyaskan (disamakan) dengan kenoleham memakai beduk, artinya ketika beduk diperbolehkan dipakai untuk memanggil shalat tentu memakai kentongan diperbolehkan pula. 

Pemikiran beliau atas diperbolehkan memakai kentongan untuk memanggil shalat sebagai sanggahan atas pemikiran KH. Hasyim Asy'ari beliau tuangkan dalam kitab yang berjudul: "Syarh Hizz al Rus Fi Raddil Kasus Fi Tahrimine Nuqush". 

Perbedaan pendapat bagi Umat Islam merupakan sebuah rahmat yang harus di syukuri bagi umat Islam, debay watak dan tabiat dari tuntunan manusia juga berbeda-beda, hal ini semua tetap diperbolehkan selama tidak keluar dari sumber utama hukum Islam yakni Al-Qur'an dan Al-Hadits. 

Bersambung..... 


×
Berita Terbaru Update