Notification

×

Iklan

Iklan

99 ( Sembilan Puluh Sembilan) Maqashid al-Tsalats (Ilmu, Suluk, dan Tabligh)

| Desember 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-25T00:31:56Z
mercusuar867 -  a. Peringkat Tamhidiyah Ibtidaiyah: Jenjang pendidikan ini dapat dikatakan seperti jenjang pendidikan dasar dilembaga pendidikan umum lainnya. Dalam jenjang pendidikan dasar ini, terdapat delapan tingkatan konsentrasi dengan bidang kajian yang berbeda-beda. 

Diantaranya Al-Qur'an wa Ulumihi, Al-Sunnah al-Nubuwwah al-Muthahirah, Al-Fiqhu lil Ahkam al-Islam, Al-Imam wa al-I'tiqad, Al-Ihsan wa al-Tazkiyah, Lughatu al-Arabiyah, Tsaqafatu al-Da'wah, dan Tarikh Islam. 

Untuk konsentrasi pertama, bidang Al-Qur'an wa Ulumihi, konsentrasi kajian diarahkan untuk mendalami kitab-kitab Tafsir, seperti kitab Tafsir Jalalain, serta mendalami metode memahami hukum bacaan-bacaan Al-Qur'an dengan mengkaji kitab Ahkam al-Tajwid wa mulhiq  bihi Taisir. 

Pelajar yang sudah menempuh konsentrasi yang pertama ini bisa melanjutkan pada konsentrasi kedua, yaitu konsentrasi Al-Sunnah al-Nubuwwah al-Muthahirah. Dalam bidang ini, kajian yang didalami adalah kitab-kitab Hadits. 

Diantaranya seperti  kitab Mukhtar Al-Hadits Syarif lil Mubtadi'in  Nur Imam min kalami Habib al-Rahman, Qutuf al-Falihin min Riyadh al-Shalihin, Syarh Mukhtar Al-Hadits Syarif lil Mubtadi'in. 

Syarh Nur Imam min Kalami Habib al-Rahman, Syarh Qutuf al-Falihin min Riyadh al-Shalihin, Durus Sirah al-Sirah al-Nabawiyah, dan Durus al-Sirah. 

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update