Notification

×

Iklan

Iklan

Banjir Bandang di Musim Hujan dan Kebakaran Hutan di Musim Kemarau

| Desember 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-13T13:52:30Z
tegursapanews -  Sekitar pukul 11.00 WIB sebelum waktu Zuhur, tukang bangunan yang sedang asyik bekerja, dia berteriak yang didengar tetangga sebelah. Teriakannya, ada kebakaran setelah dia melihat  asap tebal yang keluar dari dapur belakang di rumah Sudirman Empat no 28 Manggalarang.

Ketika itu warga di sekitarnya sempat panik atas kasus tersebut. Lalu ketua RW segera memberi tahu Kantor Dinas Kebakaran Sidoarjo yang mengurusi masalah kasus pemadaman kebakaran. Dalam waktu singkat dua unit mobil Damkar datang ke lokasi dan tim petugas langsung melakukan penyemprotan air untuk memadamkan api di dalam rumah.

Berkaitan dengan masalah api dan air terekam dalam kitab suci al-Quran. Ketika dikisahkan tentang status Nabi Adam sebagai asal usul manusia yang diciptakan dari Tanah (al-thien), maka status Iblis sebagai asal usulnya Jin. Iblis menyatakan dirinya lebih mulia dari Adam, karena dia diciptakan dari api (al-Naar). Lihat kitab suci al-Quran Surat al-Akraf ayat 12.

Demikian profil kesombongan Iblis yang lalu menjadi sifat umat manusia di muka bumi. Dalam Islam diajarkan, bahwa siapapun yang punya sifat sombong terhadap sesama umat manusia seperti kisah Raja Firaun di Mesir Kuno. Bagi mereka disiapkan Tuhan tempat di Neraka Jahanam yang panasnya tak terhingga.

Kalau kita ingin mengetahui sekilas tentang panasnya siksa api neraka, kita lihat saja kasus gunung berapi yang sedang meletus seperti Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur. Sungguh sangat mengerikan bagi umat yang beriman tentang profil siksa api Neraka Jahanam.

Demikian pula ketika kita ingin mengetahui tentang profil keindahan alam surgawi yang dikisahkan dalam kitab suci al-Quran di bawahnya mengalir sungai sungai. Kita bisa melihatnya di destinasi wisata alam air terjun di daerah pegunungan. Suasana yang sejuk dan nyaman dengan suara gemericik air yang mengalir jernih dan bersih.

Dalam kehidupan umat manusia di muka bumi, kita semua sangat membutuhkan api dan air. Keduanya merupakan karunia Tuhan yang tak terhingga, yang kadang kala keduanya bisa menjadi malapetaka, seperti musibah banjir bandang di musim hujan dan kebakaran hutan di musim kemarau. Barokallah Amien 

Rabu, 13 Desember 23
Sabdasheh

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Editor: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update