Notification

×

Iklan

Iklan

Pelatihan Metode Pembelajaran di MI Al Fithrah Surabaya

| Desember 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-25T02:00:43Z
tegursapanews -  MI Al Fithrah menggelar pelatihan metode pembelajaran yang dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Desember 2023 bertempat di pendopo pondok pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan MI Al Fithrah Surabaya. 

Kehadiran metode pembelajaran akan berpengaruh pada aktivitas belajar peserta didik sehingga bisa lebih kondusif. Namun memasuki era kurikulum baru yaitu kurikulum Merdeka, metode yang bisa digunakan pun semakin berkembang jenisnya dan semakin interaktif. 

Ustadzah I'is Nurkayanti selaku kepala MI Al Fithrah menuturkan bahwa "Banyak tantangan yang guru hadapi dalam penerapan kurikulum merdeka saat ini sehingga pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan metode pengajaran yang relevan dan efektif serta membantu para guru dalam melakukan pengelolaan kelas.  

Biasanya, jika guru tidak menggunakan metode akan ada banyak peserta didik yang berkeliaran di dalam kelas entah berlari atau ramai sendiri. Hal tersebut tentu akan mengganggu teman lainnya yang sedang belajar". 

Pada kegiatan pelatihan metode pembelajaran ini MI Al Fithrah mengundang pemateri yang didatangkan dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya yakni Bapak Dr. H. Musfiqon, M.Pd. Beliau menyampaikan pentingnya menggunakan metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar terutama dalam penerapan kurikulum merdeka saat ini. 

Ia menegaskan bahwa strategi tepat dalam mengajar yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam penerapan pembelajaran pada kurikulum merdeka adalah guru mampu menggunakan pendekatan, metode pembelajaran, teknik, dan taktik yang tepat untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. 

Pelatihan ini mendapatkan sambutan antusias dari peserta. "seluruh peserta sangat antusias menyimak materi yang disampaikan oleh pemateri, mereka banyak memberikan pertanyaan terkait cara menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa di kelas terutama dalam implementasi kurikulum merdeka" ujar Ustadzah Inqi selaku ketua pelaksana. 

Hal tersebut juga sejalan dengan yang disampaikan oleh salah satu peserta yakni Ustadzah Azizah yang menyampaikan "Alhamdulillah sangat terkesan dengan workshop metode pembelajaran bersama pemateri Dr. Musfiqon. 

Selain kita bisa refresh kembali mengenai kompetensi guru terutama mengenai keprofesionalan kita sebagai guru, kita juga mengambil banyak pembelajaran tentang kehidupan yg "barokah" sebagai guru. 

Meneliti kembali tentang metode pembelajaran yang telah kita ketahui apakah sudah sesuai ataukah belum. Apalagi saat ini pada kurikulum merdeka tentunya lebih banyak lagi metode pembelajaran yang bisa gunakan dalam proses belajar mengajar. Workshop yang sangat worth it untuk diikuti. Semoga bermanfaat dan sukses selalu". 

Kegiatan ini merupakan salah satu contoh konkret bagaimana MI Al Fithrah berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah dan menjadi langkah awal yang baik untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih bervariasi, kreatif, dan menyenangkan bagi peserta didik di sekolah.

Sumber:  Ust Mujib.*
*Guru MI Al-Fithrah Surabaya. 

Editor: Abdul. Chalim. 
×
Berita Terbaru Update