Notification

×

Iklan

Iklan

Ritual Umat Islam Kirim Doa Buat Arwah Setiap Malam Disyuting Malaikat Raqib

| Desember 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-19T06:18:57Z
Senin malam ini, kita ikut acara pembacaan Surat Yasin dan tahlil di Sudirman 5 bersama 99 hadirin lainnya memenuhi undangan dari keluarga al-Maghfur Bambang Sabdomo yang wafat 40 hari lalu di Perum Manggalarang yaitu pada Kamis malam, 09 November 2023 

Seusai acara pembacaan doa, para hadirin disuguhi sahibul bait sepiring nasi Rawon. Kemudian waktu kita pamit pulang dibagi lagi jatah bungkusan berkat yang berisi beberapa potong kue dan nasi beserta lauknya. Kenapa disuguhi Nasi Rawon ? Mungkin maksudnya untuk menghormati yang sempat Rawuh.

Kemudian terkait dengan hidangan Nasi Rawon dan sebungkus berkat dari yang punya hajat. Dalam hal ini jika nilai konsumsi yang didapatkan para hadirin tersebut memasing orang sebesar Rp 50.000,-, berarti besarnya nilai Sadakah tersebut, setara dengan qurban seekor Kambing atau Kibas buat almarhum.

Kita lalu menduga tanpa fakta, jika saja setiap hari tercatat 10 orang umat Islam dewasa yang wafat di pulau Jawa. Kemudian setiap keluarga melakukan tradisi kirim doa buat arwah di alam barzah. Dengan demikian, berarti pembacaan Surat Yasin dan tahlil berjalan sepanjang tahun setiap malam dengan hitungan acara kirim doa pada hari pertama sampai ke 7, terus hari ke 40, 100 dan 1000 hari.

Hal tersebut adalah salah satu bentuk profil doa massal yang dilakukan umat Islam di Nusawi. Atas dasar dugaan tersebut, kita menyakini bahwa semua umat Islam di alam barzah bergembira ria, karena mendapatkan ampunan dosa dari Tuhan, kecuali bagi umat Islam yang sombong, munafik dan musyrik selama hidup di tengah masyarakat.

Selama ini mungkin ada Umat Islam yang bertanya kepada para ulama tentang tradisi yang terpelihara di tengah masyarakat tentang acara kirim doa buat arwah di alam barzah, sejak hari pertama wafat sampai acara ke 1000 hari dan khaul setiap tahun. Siapa yang susun rentetan bacaan.acara tersebut yang sangat bermanfaat bagi umat di tengah masyarakat.

Status doa dalam Islam adalah indikasi orang yang beriman (mukmin). Dalam sepucuk hadis yang sahih, bahwa dari 3 perkara yang dibawa umat Islam ke alam barzah, yaitu bacaan doa maghfirah anak yang saleh. Adapun klasifikasi anak beragam istilah, antara lain anak kandung, anak tiri, anak menantu, anak angkat, anak kerabat, anak murid, anak buah dan istilah anak yang lainnya termasuk anak yatim-piatu.. Wallahu aklam.

Selasa, 19 Desember 23
Sabdasheh

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Editor: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update