Notification

×

Iklan

Iklan

101 (Seratus Satu) 'Amru bin 'As Sang Pembebas

| Januari 07, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-07T22:53:46Z
tegursapanews -  Kepiawaian 'Amru bin 'As

Pada masa Abu Bakr, 'Amru nin 'As turut berperan besar dalam memerangi orang-orang murtad. Sedangkan dalam masa pemerintahan khalifah Umar bin Khattab, ia berhasil menaklukkan Palestina dan Mesir. 

Betapa penting dua penaklukan itu. Penaklukan Palestina telah menjadikan keamanan daerah pantai Suriah kepada kaum Muslimin. Penaklukan Mesir adalah pintu Gerbang Islam menuju Afrika Utara, Afrika Barat, dan Spanyol di kemudian hari. 

'Amru bin 'As seorang Ahli retorika, cerdas dan berbakat, fasih dalam berbicara, dan begitu dekat dengan Rasulullah Saw. 

Beliau pernah mengatakan, "Sesungguhnya 'Amru bin 'As adalah orang Saleh dari Suku Quraisy, sementara Ahlul Bait yang terbaik adalah Abu 'Abdillah, Ummu' Abdullah,  dan 'Abdullah".

Pada kesempatan yang lain, Beliau Rasulullah Saw pun pernah berkata, dua orang dari keturunan al-'As adalah orang beriman, yaitu 'Amru dan Hisyam (Hr. Ahmad dan al-Hakim). 

Kecerdasan dan keberanian 'Amru bin 'As menjadikan dirinya termasuk orang-orang pilihan Rasulullah untuk memimpin perang. Pada suatu hari, Rasulullah Saw memanggil 'Amru dan memerintahkan, "Ambillah pakaian dan pedangmu, lalu kembalilah kepadaku."

Setelah melaksanakan apa yang diperintahkan, 'Amru bin 'As kembali menghadap Rasulullah. Beliau Rasulullah Saw lalu berkata "Sesungguhnya aku akan mengutusmu bersama sebuah pasukan. 

Semoga Allah Swt memberikan kesempatan dan harta rampasan kepadamu, dan aku senang jika engkau memperoleh kebaikan dari harta rampasan itu."

Bersambung..... 

Penyadur: Abdul Chalim

Kedinding Lor, Surabaya, 08 - Januari - 2024

Universal Institute Of Professional Management
×
Berita Terbaru Update