Notification

×

Iklan

Iklan

115 (Seratus Lima Belas) Di Bawa Naungan Islam)

| Januari 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-23T23:37:20Z
tegursapanews -  Perubahan Sosial Mesir Menuju Islam. 

Kedatangan Islam di Mesir telah memengaruhi kehidupan sosial penduduknya. Perubahan itu, menurut Huwaida 'Abd ar-Azim Ramadhan, dalam buku al-Mujtama' fi Misr al-Islamiyyah min'Asr al-Fath al-Arabi ila al-Asr al-Fatimi, dapat dilihat dari beberapa hal berikut ini:

. Arabisasi Masyarakat Mesir

Meskipun Islam baru masuk Mesir pada masa 'Umar bin Khattab di bawa Panglima 'Amru bin 'As, orang Arab sudah ada yang hidup di Mesir jauh Sebelumnya. 

Hal tersebut dikarenakan adanya kontak dagang antara Mesir dan Jazirah Arab sebelum datang Islam. Pada masa Jahiliah, Suku Quraisy telah melakukan perjalanan dagang hingga ke Mesir karena Mesir dari dulu karena terkenal memiliki tanah yang subur. 

Bahkan, 'Amru bin 'As mengetahui wilayah Mesir dengan baik sehingga bisa  dengan muda menaklukkan Mesir. Ia pada masa Jahiliah termasuk warga Arab yang aktif melakukan perjalanan dagang ke Mesir. 

Namun,pengaru budaya Arab di Mesir baru berkembang setelah Islam datang, terutama setelah generasi tabiin. 

Pada masa-masa awal masuknya Islam di Mesir, Islam berkembang dengan lambat. Sebab, Islam waktu itu hanya berkembang di Fustat dan Giza.

Meskipun demikian, secara perlahan namun pasti, Islam berkembang di Mesir.Berkembangnya budaya Arab di Mesir dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya:

Bersambung..... 

Kedinding Lor, Surabaya, Rabu, 24 - Januari - 2024

Abdul Chalim

E C O S O C

U I P M


×
Berita Terbaru Update