Notification

×

Iklan

Iklan

12 (Dua Belas) Menimba Sumur Ilmu di Kota Kelahiran

| Januari 08, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-08T09:06:28Z
tegursapanews -  ... " Sedangkan Ushul penduduk Madinah Maka tidak ada alasan untuk menolaknya," ada baiknya menerima keutamaan Madinah di banding kota atau negeri lain. 

Sebab, jika di kaji lebih dalam lagi, niscaya akan kita temui banyak Hadis membahas keutamaan Madinah. Bahkan, Imam Al-Bukhari membuat satu bab sendiri untuk membahas keutamaan kota Madinah. 

Kesungguhan sang Imam mendalami Ilmu, dimulai pada suatu hari, saat sang ayah memberikan sebuah pertanyaan. 

"Pada suatu hari, ayahku memberikan sebuah pertanyaan pada kami berdua, aku dan saudara laki-lakiku Ibn Syihab. Saudaraku menjawabnya dengan betul, sedangkan jawabanku salah. 

Ayahku pun marah seraya berkata, Engkau lalai menuntut ilmu karena hanya bermain burung merpati saja. Aku seketika marah saat mendengarkannya. Akhirnya, aku memutuskan untuk konsentrasi menuntut ilmu."

Beberapa ayat menerangkan bahwa pada masa awal berkonsentrasi menuntut ilmu, Imam Malik berguru kepada siapa saja asalkan orang tersebut alim, terlihat bersih dan baik. 

Jakarta Shadiq dan Muhammad bi Baqir sebagai contoh, diriwayatkan pernah menjadi salah satu guru Sang Imam. Riwayat inipun semakin kuat dengan kisah dengan Imam Malik berikut. 

Bersambung..... 

Penyadur: Abdul Chalim

Masjid Agung Sidoarjo, 08 -Januari -2024

UIPM  

ECOSOC


×
Berita Terbaru Update