Notification

×

Iklan

Iklan

21 (Dua Puluh Satu) Menimba Sumur Ilmu di Kota Kelahiran

| Januari 18, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-19T05:30:54Z
tegursapanews -  Abu Abdullah bin Zakwan atau Abu Az-Zanad adalah Suri teladan Ilmu Sang Imam berikutnya. Kali ini, Sang Guru bukanlah seorang Arab, melainkan Azam yang berasal dari Hamadan. 

Abu Az-Zanad memiliki kedudukan tinggi dalam pemerintahan. Bahkan pada masa Umar bin Abdul Aziz, guru Imam Malik ini pernah di tugaskan menjadi pemungut pajak di Irak bersama Abdul Humaid. 

Sang Imam harus kembali kehilangan guru pada tahun 130 H karena sang Guru meninggal secara tiba-tiba di tempat mandinya pada usia 66 tahun. 

Beranjak semakin matang, Sang Imam memberanikan diri berguru kepada Rabiah Ar-Ra'yi, seorang Ahli Fiqih terkenal di Madinah sekaligus Ahli Ra'yi. 

Nama aslinya adalah Rabiah bin Abdurrahman Farukh, bergelar Abu Utsman. Guru Imam Malik kali ini adalah seorang Mawali yang dimerdekakan keluarga Ali Al-Munkadir. 

Rabiah Ar-Ra'yi memiliki kedudukan tinggi di kalangan Ulama dan pemerintahan. Suatu ketika, Abu Abbas As-Saffa pernah mengundangnya menjadi Qadhi wilayah Hadyimiyyah, Wilayah yang didirikan Sang Khalifah. 

Bagi Sang Imam, manisnya fiqih menjadi lenyap tatkala Sang Guru meninggal sebagai Qadhi pada tahun 136 H di Anbar, Hasyimiyyah. 

Bersambung..... 

Kedinding Lor, Surabaya, Kamis, 18 - Januari - 2024

UNIVERSAL INSTITUTE OF PROFESSIONAL MANAGEMENT
×
Berita Terbaru Update