Notification

×

Iklan

Iklan

25 (Dua Puluh Lima) Said bin Al-Musayyab

| Januari 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-23T08:29:30Z
tegursapanews -  Ia adalah orang Arab asli yang berasal dari Bani Mazkhum, kabilah tempat lahirnya orang-orang besar yang tercatat dalam sejarah seperti 'Umar bin Al-Khattab dan Khalid bin Walid Radhiyallahu 'Anhuma. Pada masanya keilmuan Islam lebih banyak di kuasai kaum Mawali. 

Said bin Al-Musayyab lahir pada masa Umar bin Khattab Radhiyallahu 'Anhu dan meninggal pada tahun 93 H. Selama hidup,  ia menyaksikan kekhalifahan Ustman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Hasan, Husain, Muawiyah, Yazid bin Muawiyah, Marwan bin Al-Hakam dan anaknya yang bersama Abdul Malik. 

Sebenarnya, Said adalah orang yang sama sekali tidak memberikan loyalitas kepada Bani Umayyah, namun hal ini tidak pernah di sampaikan dalam Halaqah-halaqahn-ya. 

Ia tidak ingin ada fitnah diantara kaum muslimin. Pemberontakan yang dimungkinkan dapat terjadi karena "sekedar menyampaikan kenyataan" tentunya justru akan menimbulkan banyak korban. 

Tentang ilmunya, Said banyak belajar kepada para sahabat Radhiyallahu 'Anhum, khususnya masalah-masalah yang pernah dialami Rasulullah Saw. 

Para Khulafaur Rasyidin, juga sahabat-sahabatnya. Akhirnya, ia menjadi spesialis Fiqih dan banyak meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhum. 

Bersambung.... 

Dalem yai Mas Ubaidah, Tambak Sumur, Sidoarjo, Selasa, 23 - Januari - 2024

Abdul Chalim

UNIVERSAL INSTITUTE OF PROFESSIONAL MANAGEMENT
E C O S O C
×
Berita Terbaru Update