Notification

×

Iklan

Iklan

6 (Enam) Loloan... Desa Islam Pertama di Bali Kabupaten Jembrana

| Januari 10, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-10T08:27:14Z
tegursapanews -  (3) Pondok Pesantren Mambaululum yang berdiri pada tahun 1935, terletak di Loloan Timur. Pesantren dengan jumlah santri sekitar 200 orang dari santri sekitar Bali ini di asuh oleh Ust Zakki yang pernah belajar di pondok pesantren Nurul Jadid, Probolinggo, Jawa Timur. 

Di Loloan terdapat berbagai peninggalan sejarah yang terkait dengan perjalanan syiar Islam di daerah tersebut khususnya di Jembrana, antara lain sebagai berikut. (1) Benteng Fatimah, yang terletak di dekat sungai Ijo Gading. (2) Prasasti Encik Ya'qub yang beraksara Arab-Melayu yang dituliskan di atas papan berukuran 45X15 cm. 

Prasasti ini berangka tahun 1268 H. (1848 M), berisikan pesan Eric Ya'qub bahwa ia mewakafkan sebidang sawa dengan penghasilan 40 tebah (ikat), serta al-Qur'an untuk Masjid Jembrana (sekarang Masjid Baitul Qadim). 

Di situ juga di tuliskan nama saksinya, yaitu Syarif Abduo bin Yahya Maulana al-Qadry (Syarif Tua) dan Khalib Abba Abdullah Haman.

Encik Ya'qub sendiri adalah Ulama dari Terengganu (Malaysia) yang datang ke Loloan sekitar abad ke-19. Prasasti tersebut sekarang di simpan di Masjid Baitul Qadim Loloan Timur Jembrana. 

(3) Dua buah Al-Qur'an tulisan tangan. Yang sebuah adalah al-Qur'an karya Encik Ya'qub. Setelah hilang sekian lama, al-Qur'an ini di temukan kembali pada tahun 1979 dan diperkirakan telah berusia 208 tahun. 

Al-Qur'an tersebut sekarang di simpan di Masjid Baitul Qadim, Loloan Timur. Yang lainnya adalah Al-Qur'an peninggalan Datuk Haji Abdurrahman, kakek Haji Ali bin Mahmud (sesepuh di Loloan Barat). 

Tidak diketahui siapa penulisnya.  Al-Qur'an ini sekarang di simpan di Masjid Mujahidin Loloan Barat. (4) Dua buah Kitab Fiqih Sabil al-Muhtadin. Kitab-kitab tersebut di tulis tangan dengan hiasan ornamen pada setiap lembarnya. Tidak diketahui siapa penulis Kitab tersebut. 

Habis..... 

Kedinding Lor, Surabaya, 10 - Januari -2024
U I P M
UNIVERSAL INSTITUTE OF PROFESSIONAL MANAGEMENT
×
Berita Terbaru Update