Notification

×

Iklan

Iklan

Percikan Kisah Romantis Perkawinan Antar Etnis di Nusawi Jawa dan Sumatra

| Januari 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-16T08:31:26Z
tegursapanews -  Alhamdulillah pagi ini, kita dapat kabar gembira dari karib kerabat di kota Lahat Sumsel via WA,  undangan digital acara pernikahan Tn Chaliq EDP dan Pn Nurul Yustika di kota Tanggerang Banten besok pada Sabtu, 20 Januari 2024. Hal ini termasuk dalam percikan kisah romantis perkawinan antar etnis di Nusawi, Tanggerang Banten dan Lematang Palembang.

Terkait dengan undangan tersebut di dalam beranda Ini terucapkan doa dalam kalimat yang singkat dan padat dari al-Jawi "Semoga nanti terwujudkan keluarga AS-sakinah MAwaddah wa RAhmah (ASMARA), yang kadang ditulis orang dengan istilah"SAMAWA".

Alkisah dua tahun lalu, terbit sebuah buku yang berjudul "Profil Marga Gedung Agung Merapi Lahat Miniatur Kesultanan Palembang" yang kita sebut sebagai Pusaka Pustaka tebalnya 808 halaman. Buku tersebut tersimpan di kantor Kepala Desa di wilayah Kecamatan Merapi Timur, selain di perpustakaan kantor Bupati Lahat, Kantor Gubernur Sumatra Selatan termasuk di perpustakaan istana Presiden Jokowi di Bogor Jawa Barat dan tersimpan di lemari rumah puluhan karib kerabat.

Dalam Pusaka Pustaka tersebut tercatat nama ratusan orang yang lahir di Marga Gedung Agung Merapi Lahat Sumsel, salah seorang diantaranya nama Kiaji Mahmud seorang hartawan yang terkenal dermawan. Beliau berdomisili di dusun Danau Nangka sebutan nama Desa Gedung Agung Dalam.

Salah seorang putri beliau bernama Pn Aspada Mahmud yang dinikahi perantau dari Kediri Jawa Timur yang berprofesi sebagai guru pada tahun 1967 yaitu Tn Maslur. Walhasil dari perkawinan mereka lahir beberapa orang putra putri,, salah seorang diantaranya putri cantik yang diberi nama Pn Muryati Maslur  yang dinikahi Tn Kartobi Aswadi. Mereka berdomisili di Pasar Bawah Lahat, yang dulu salah satu kamarnya menjadi tempat kita kos bersama kekawan waktu kita sekolah di PGAN 6 tahun Lahat pada tahun 1969-1974.

Hal yang menarik dan tentu menakjubkan bagi kita sendiri dan mungkin banyak warga di kampung halaman. Nama tiga orang putra dari Tn Kartobi dan Pn Muryati mencerminkan nama warga etnis tetesan darah Eropa, yaitu
1. Cholique Errico David Perdana
2. Mayvan Ghandy
3. Farrel Ronald Ferdinand Dechivo 

Alkisah karib kerabat di kampung dua tahun lalu pernah memberi tahu kita, bahwa putranya yang kedua bulan depan akan lahir. Dia minta saran siapa namanya yang bagus. Kemudian datang berita selanjutnya, anak tersebut lahir pada 09 September 2021. 

Pada saat itu kita memberi saran nama yang mengandung nilai historis, yaitu Tuan Qarun Septinain (Profil Corona 090921). Kemudian atas kesepakatan musyawarah suami istri, anak tersebut diberi nama Muhammad Luthfi Anoraga, nama Islamawi seperti nama ayahnya sendiri Tn Imam Halimi al-Basri.

Akhirul qalam, kita ucapkan dari hati yang tulus kepada calon pengantin baru pasangan warga dari Lematang Lahat dan Tanggerang Banten. Selamat menempuh hidup baru di tahun baru. Barokallah maqbulan Amien.

Selasa, 16 Januari 24
Sabdasheh

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Editor: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update