Notification

×

Iklan

Iklan

Percikan Sejarah Bengkulu Tukar Guling Antara Inggris dan Hindia Belanda

| Januari 04, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-04T22:09:36Z
tegursapanews - Alkisah pada awal Juli 2023 yang lalu, kita naik mobil bersama Tn Nurdin Sundak bersama istri dari kota Curup ke Bengkulu yang ditempuh lebih dari 2 jam, melewati jalan legendaris kilo 9 di atas Bukit Barisan. Jalannya bagus dilapisi aspal yang mulus.yang panjangnya 80 km.

Dalam rencana tahun 2024, proyek nasional jalan tol Trans Sumatra dari ibukota Bengkulu ke kota Lubuk Linggau Sumatra Selatan akan dilanjutkan yang panjangnya 98 Km. Statusnya sama dengan panjang jalan tol dari Surabaya ke Malang di Jawa Timur yang bisa ditempuh dalam waktu satu jam beberapa menit.

Jika proyek jalan Tol Trans Sumatra dari kota Prabumulih sudah tersambung sampai ke kota Lubuk Linggau Sumsel, kemudian tuntas sampai ke Bengkulu. Pakar sosiologi perkotaan memprediksi, bahwa ribuan wisatawan dari kota Palembang, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau akan wisata ke Pantai Panjang Bengkulu.

Dalam hal ini para wisatawan yang berasal dari kabupaten Lahat, mereka bisa pulang pergi dalam sehari. Mereka berangkat waktu Subuh dan pulang setelah waktu Magrib. Dengan program tersebut, mereka tidak perlu lagi nginap di hotel kota Bengkulu, kecuali ada acara lainnya.

Destinasi wisata di Bengkulu beraneka ragam, seperti Wisata alam Pantai Panjang, Danau Dendam Tak Sudah, Sumber Mata Air Sungai Musi dan lainnya. Kemudian Wisata Museum Sejarah Nasional yaitu Rumah Pn Fatmawati Ibu Negara pertama dan Rumah Proklamator Soekarno yang berdekatan. Selain itu Benteng peninggalan Tentara Inggris Fort Marlborough berada di pinggir pantai Samudera Hindia..

Andaikan dulu, kerajaan Inggris tidak mau tukar guling wilayah jajahannya di Bengkulu yang dikuasai selama 140 tahun (1685-1825)  dengan wilayah Hindia Belanda di Malaka, yaitu Penang dan Singapura, ceritanya menjadi lain.

Status Bengkulu sudah menjadi sebuah negara merdeka, seperti status Brunei Darussalam, Singapura, Hongkong dan negara kecil lainnya di muka bumi. Wilayah Bengkulu bukan bagian dari wilayah NKRI dari Sabang Aceh sampai ke Merauke Papua Selatan. Barokallah Amien.

Kamis, 04 Januari 24
Sabdasheh

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Editor: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update