Notification

×

Iklan

Iklan

Profil Pepohonan dan Bebuahan Cerminan Karakter Warga Negara

| Januari 10, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-11T03:13:50Z
tegursapanews -  Salah satu dari sekian bentuk kebahagiaan bagi para petani di pedesaan, yaitu ketika mereka panen hasil tanamannya, seperti padi, jagung, kacang dan lainnya di perkebunan. Sebaliknya mereka merasa sedih dan kecewa, ketika datang musibah gagal panen, karena berbagai sebab musabab.

Selama ini kita melihat bahwa profil para petani tradisional di desa adalah warga masyarakat yang lebih mudah memahami ajaran agama tentang Eksistensi Tuhan. Para petani Lombok menyaksikan beraneka ragam warna Lombok di kebunnya, yaitu warna hijau, merah, putih, kuning, oranye, dan lainnya seperti warna warni bendera parpol kontestan pemilu.

Sesekali perlu ditanyakan kepada para petani Lombok tersebut. Siapa yang memberi aneka macam warna tersebut dan rasa pedasnya ? Jawabannya kita yakin tidak seorang pun para petani yang berani menjawab, bahwa mereka yang mengecat buah Lombok tersebut. Mereka semua akan kembalikan kepada kewenangan Tuhan Yang Maha Kuasa, kecuali para petani yang berfaham atheis dan agnostik.

Banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik dari sederet nama jenis tanaman ciptaan Tuhan di muka bumi. Para petani tau jenis tanaman dan berbagai pohon yang batangnya berdiri lurus ke atas, pohon yang bengkok dan banyak cabang dan ranting. Pohon Pinang diciptakan Tuhan bentuknya bulat dan Lurus kecuali yang direkayasa. Kemudian tidak satupun pohon Kelengkeng yang lurus seperti pohon jagung.

Kita lalu bertanya di dalam hati.
1. Apakah pohon yang lurus seperti Pinang itu identik dengan profil manusia yang jujur tidak banyak tingkah negatif di tengah masyarakat.?
2. Apakah pohon yang banyak cabang dan ranting dengan buah melimpah ruah seperti Kelengkeng identik dengan profil manusia yang kreatif dan produktif ?
3. Silahkan netizen melanjutkan pertanyaan lainnya yang terkait dengan masalah karakter manusia di tengah masyarakat dengan pohon di kebun dan di tengah hutan.

Demikian pula karakter bentuk bebuahan
1. Buah Durian
Tampak di luar kasar dan banyak duri, tapi isi di dalamnya lunak, empuk dan manis.
2. Buah Kedondong
Tampak di luar mulus dan bersih, tapi di dalamnya banyak serabut dari bijinya.
3. Buah Manggis
Tampak dari luar hitam mulus dan isinya manis seperti madu yang melebihi rasa manisnya gula pasir.

Kamis, 11 Januari 24
Sabdasheh

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Editor: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update