Notification

×

Iklan

Iklan

125 (Seratus Dua Puluh Lima) Pengaruh Pemikiran Keislaman

| Februari 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-02T08:32:44Z
tegursapanews -  Tata kelola Pembangunan:

c. Tempat Peribadatan

Sebelum Islam Masuk ke Mesir, warga Mesir cenderung menginduk Konstantinopel dalam hal konstruksi bangunan. 

Kini, setelah Islam masuk dan mapan di Mesir, mereka menginduk madinah dan lebih aktif membangun masjid dari pada gereja, bahkan ada anjuran untuk mengalihfungsikan gereja menjadi masjid. 

Tempat peribadatan Islam memiliki tiga istilah yaitu jami,' masjid, dan musholla. Shalat Jumat hanya dilaksanakan di masjid jami.' Diantara masjid jami' yang terkenal adalah masjid Jami' 'Amru bin 'As masjid 'Jami al-'Askar, masjid Jami' Ahmad bin Tulun, masjid 'Jami Giza, dan masjid 'Jami al- Fayyum. 

Beberapa masjid yang terkenal adalah masjid al-Rahmah, Masjid Abdullah, Masjid al-Utaqa,' Masjid al-Qal'ah, Masjid al-Aqdam, Masjid al-Quba, Masjid al-Tanawwur, Masjid Faiq, dan Masjid al-Faqa'i. 

Sedangkan Mushalla adalah tempat diadakannya shalat Idul Fitri, dan Shalat Idul Adha. 

Selain memperhatikan pembangunan tempat  peribadatan umat Islam. Pemerintah muslim juga memperhatikan pembangunan gereja sebagai penghormatan kepada warga asli Mesir yang masih beragama Kristen. 

Namun, perhatian tersebut baru dimulai pada masa Dinasti Umayyah. Selain itu, pada masa ini juga telah terdapat ribatah (Panti jompo). 

Bersambung..... 

Kedinding Lor, Surabaya, Jumat, 2 - Februari - 2024

Abdul Chalim, CEO mercusuar867.com, Sponsorship UIPM

U I P M


E C O S O C


×
Berita Terbaru Update