Notification

×

Iklan

Iklan

134 (Seratus Tiga Puluh Empat) Awal Mula Kairo

| Februari 12, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-12T08:12:55Z
tegursapanews  -  Pada tahun 1167, Sultan Salahuddin al--Ayyubi mengambil alih kekuasaan Fatimiyah. Tokoh Kurdi yang juga Pahlawan Perang Salib tersebut membangun Dinasti Ayyubiyah, yang berdiri disamping Dinasti Abbasiyah di Baghdad yang semakin lemah. 

Sultan Salahuddin tidak menghancurkan Kairo yang di bangun Dinasti Fatimiyah. Ia malah melanjutkan pembangunan Kairo dengan antusias yang sama. 

Ia hanya mengubah paham keagamaan negara dari Syiah menjadi Sunni. Sekolah, Masjid, Rumah sakit, sarana rehabilitasi penderita sakit jiwa, dan banyak fasilitas sosial lainnya di bangun pada masanya. 

Dalam Daily Life in the Medieval Islamic World, James E. Lindsay bercerita tentang Kairo ini. Ibu kota baru ini, tulis Lindsay, di bangun dengan sangat baik. 

Sebuah Masjid megah, yakni Masjid al-Azhar, di bangun di sana. Istana kerajaan ada di jantung kota. Dari sisi pertahanan, Jauhar as-Siqilli membangun benteng tsngguh yang melingkupi Kairo. 

Pada awalnya Kairo memiliki 12 gerbang kota. Seiring dengan Bergantinya kekuasaan dari masa ke masa, gerbang Kairo ini mengalami penambahan hingga mencapai 17 lebih gerbang kota. 

Bersambung...... 

Foto: Mata mata News. 

Dalem Kyai Mas Ubaidah, Tambak Sumur Waru Sidoarjo, 12 Februari - 2024

Abdul Chalim,  Sponsorship Universal Institute Of Professional Management, (UIPM), CEO tegursapanews.com.

U I P M

E C O S O C
×
Berita Terbaru Update