Notification

×

Iklan

Iklan

41 (Empat Puluh Satu) Halaqah Imam Malik di Masjid Nabawi

| Februari 08, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-08T08:18:53Z
tegursapanews -  Berikut diantara murid-mirid beliau yang terkenal:

1. Abdullah bin Wahab

Dilahirkan pada tahun 125 H, sesungguhnya ia adalah keturunan Barbar. Namun demikian, ia memberikan loyalitas kesukuan kepada Quraisy. 

Murid ini belajar kepada Sang Imam selama dua puluh tahun. Ia pun menuntut ilmu kepada para murid Az-Zuhri, Teman-teman Imam Malik. 

Dua guraunya Imam Malik bin Anas dan Imam Al-Laits bin Saad, dianggap sangat memengaruhi kehidupan Ibn Wahab. 

"Jika karena Malik dan Al-Laits maka aku akan sesat," Ucap Ibn Wahab. Karena itu, ia sangat produktif dalam hal menulis. 

Semasa hidup, ia telah menghasilkan lebih dari 30 judul buku. Tatkala Imam Malik meninggal, ia rujukan utama untuk mempelajari Mazhab Malik. 

Imam Malikpun diriwayatkan sangat mencintai, menghormati, dan mencintainya. 

Ibn Wahab banyak menyebarkan Mazhab Imam Malik di kalangan penduduk Mesir. Ia banyak meriwayatkan hadits, akan tetapi sebagai perowinya adalah orang-orang yang lemah tingkatan riwayat hadisnya. 

Sungguh sangat di sayangkan, sebagaimana dikatakan Ishbigh, "Abdullah bin Wahab adalah murid Imam Malik yang paling mengetahui berbagai Sunnah dan Atsar."

"Hanya saja, ia meriwayatkan dari ordo yang lemah," Ucap Ishbigh menambahkan, bernada menyayangkan tersia-sianya potensi murid Sang Imam yang lahir pada tahun 125 H dan meninggal pada tahun 197 H pada usia 72 tahun ini. 

Bersambung..... 


Kedinding Lor, Surabaya, Kamis, 8 - Februari - 2024

Abdul Chalim, CEO tegursapanews.com,  Sponsorship Universal Institute Of Professional Management (UIPM) 

U I P M

E C O S O C
×
Berita Terbaru Update