Notification

×

Iklan

Iklan

Profil Dai Sejuta Umat Tausiah Dari Banda Aceh Sampai ke Kota Merauke

| Februari 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-10T02:41:46Z
tegursapanews  -  Selama ini kita tidak tau persis bagaimana cara para mubalig melakukan Islamisasi terhadap umat Budha dan umat Hindu, termasuk warga yang masih menganut faham animisme dan dinamisme pada masa kerajaan Sriwijaya dan Majapahit, seperti yang pernah dilakukan Para Sunan yang disebut Wali Songo di pulau Jawa.

Yang sempat kita ketahui pada masa Orde Baru tokoh Islam yang disebut Dai Sejuta Umat yang lahir di Betawi Ust Zainuddin MZ (1952-2011). Guru beliau tercatat nama Presiden Soekarno sebagai orator, Buya Hamka dalam karya sastra dan KH Idham Chalid dalam logika mantik.

Kemudian nama beliau mulai pudar di tengah masyarakat, gegara mendirikan Partai Bintang Reformasi (PBR) pada tahun 2002. Tujuannya sangat mulia nawaitu pindah status dari ulama (SI Mata Empat) ke status umara (Si Pahit Lidah), yaitu ingin menjadi Presiden Indonesia ikut kontestan capres pada pemilu 2004. 

Pada masa Orde Baru muncul lagi tokoh Islam dari Bandung yang dikenal dengan sebutan Ust Aa Gym. Beliau punya jadwal acara ceramah agama yang sangat padat sepanjang waktu, yaitu dia berkeliling memenuhi undangan para jamaahnya di pelosok negeri. Beliau merasa hidup seperti mesin berputar tanpa istirahat.

Alkisah ketika kita dari Jakarta mampir di kota Bandung waktu mau pulang ke Surabaya. Kita sempat bertemu Ust Aa Gym di Masjid Darul Tauhid waktu salat Zuhur, kemudian diajak ngobrol sejenak di ruang tamu rumahnya. Beliau sangat bersyukur setelah menikahi jamaahnya yang berstatus janda kembang, banyak undangan dari kaum muslimat yang dibatalkan sepihak tanpa alasan yang jelas.

Kemudian setelah itu viral di medsos nama Ust Abdul Samad yang disingkat UAS di Pekanbaru Riau. Beliau adalah cendekiawan muslim yang belajar agama di Timur Tengah meraih gelar Doktor di Maroko dan LC di Al-Azhar Mesir. Beliau buka acara pengajian rutin di Masjid an-Nur Pekanbaru Riau yang direkam dalam video dan di-posting di medsos.

Ketika kita tawaf di Pekanbaru Riau pada November 2018, dalam acara menghadiri forum seminar internasional di kampus UIN Suska. Kita nawaitu dari Surabaya untuk berjabat tangan dan ngobrol walau sejenak dengan beliau di kampus. 

Pada saat itu kita dapat info dari mahasiswa, bahwa UAS jarang bertemu istrinya sendiri di rumah, karena padatnya undangan tausiyah di dalam negeri dan di luar negeri. Setelah itu terdengar kabar, beliau pisah dengan istrinya tersebut dan nikah lagi dengan santri cantik dari Pontren Gontor Ponorogo.

Sekarang ustaz nasional yang sedang viral di Bumi Pertiwi tercatat nama Ust Das'ad Latif kelahiran Makassar Sulawesi Selatan. Kemudian Gus Iqdam dari Blitar Jawa Timur. Mereka itu punya jadwal yang sangat padat setiap hari di luar kota dalam acara pengajian umum di pelbagai daerah dari Tanah Rencong Aceh sampai ke Merauke di Bumi Cendrawasih. Barokallah Amien.

Jumat, 09 Februari 24
Sabdasheh

Foto: Islam Indonesia

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Editor: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update