Notification

×

Iklan

Iklan

154 (Seratus Lima Puluh Empat) Pendiri Dinasti Ayyubiyah

| Maret 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-09T23:52:59Z
tegursapanews -  Salahuddin adalah seorang Jenderal dan Mujahid muslim. Di dunia Islam dan Kristen ia di kenal karena kepemimpinan, kekuatan militer, dan sifatnya yang kesatria dan pengampun terhadap musuh-musuhnya. 

Pelajaran kemiliteran didapatkan Salahuddin dar Asaduddin Shirkuh, pamannya yang menjadi panglima perang Turki Seljuk. Bersama dengan pamannya, Salahuddin menguasai Mesir dan mendeposisikan Sultan terakhir Dinasti Fatimiyah. 

Kepemimpinan Salahuddin mulai diperhitungkan ketika Sultan Nuruddin Mahmud menugaskannya untuk memimpin operasi militer bersama pamannya untuk meredam gejolak politik di Mesir pada tahun 562 H. 

Saat itu terjadi perseteruan antara panglima Dargham dan menteri Syawur, yang Sama-sama berkuasa atas nama Dinasti Fatimiyah. 

Satu pihak meminta bantuan pada pasukan salib, sementara pihak lain meminta bantuan kepada Kesultanan Suiriah. 

Pertempuran antara pasukan Salahuddin dan pasukan Salib akhirnya tak terelakkan. Salahuddin al-Ayyubi berhasil mematahkan serangan tentara Salib dan Romawi Bizantium yang melancarkan perang Salib Kedua terhadap Mesir. 

Sultan Nuruddin memerintahkan Salahuddin mengambil kekuasaan dari tangan Khalifah Fatimiyah dan mengembalikannya kepada Khalifah Abbasiyah di Baghdad mulai tahun 567 H/1171 M. 

Maka, tidak saja kemenangan yang diraih di Mesir, tetapi tak lama kemudian Salahuddin di baiat sebagai penguasa Mesir pada 1169.

Bersambung..... 

Foto: Kaskus


Kedinding Lor, Surabaya, Ahad - 10 - Maret - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews, Sponsorship Universal Institute of Professional Management (UIPM) 

U I P M

E C O S O C

For further information call: 081 333 999 867
×
Berita Terbaru Update