Notification

×

Iklan

Iklan

157 (Seratus Lima Puluh Tujuh) Al-Azhar: Kiblat Ilmu Sepanjang Zaman

| Maret 30, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-30T13:02:05Z
tegursapanews -  Bermula dari sebuah Masjid yang di bangun pada 971 M /359H, al-Azhar kini di kenal sebagai Universitas tertua di dunia dan menjadi kiblat Ilmu pengetahuan di penjuru dunia. 

Al-Azhar yang didirikan pada Dinasti Fatimiyah oleh Panglima Jauhar as-siqilli merupakan Masjid sekaligus institusi pendidikan yang secara fundamental sangat berperan dalam membangun paradigma pemikiran keislaman di dunia. 

Bermula dari kajian-kajian terbatas (halaqah) yang diadakan dibawah tiang Masjid dengan sistem yang sangat tradisional, al-Azhar tak pernah lelah membidani lahirnya ulama dan cendekiawan Muslim sepanjang zaman. 

Al-Azhar bukan hanya yang tertua di kalangan dunia Islam, melainkan juga di seluruh Dunia. 

Universitas-universitas di Amerika dan Eropa Baru di dirikan Dua abad setelah Berdirinya al-Azhar. 

Universitas Paris didirikan pada abad ke-12 Masehi: Universitas Oxford di Inggris pada abad ke-13; demikian juga Universitas-universitas Eropa lainnya. 

Universitas yang mengimbangi al-Azhar dari segi sejarahnya adalah Universitas al-Qairawan di kota Fez, Maroko. 

Bahkan ada yang mengatakan bahwa Universitas al-Qairawan adalah yang tertua di dunia karena pendidikan di sana sudah berlangsung sejak tahun 859 M/245 H. 

Walaupun demikian, tingginya kedudukan al-Azhar, seperti yang disebutkan oleh Muhammad kamal as-Sayyid Muhammad dalam Jami'an WA Jami'atan : al-Azhar fi alf 'Am, bukan karena usianya, melainkan karena peranan utama yang dijalankannya dalam menjaga kemurnian agama Islam. 

Bersambung..... 

Foto: myedisi

Jalan Rungkut Kali Waru (Rumah Jeffrey) Surabaya, Sabtu - 30 - Maret - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews, Sponsorship Universal Institute of Professional Mannagement (UIPM) 

U I P M

E C O S O C

For further information call: 081 333  999 867
×
Berita Terbaru Update