Notification

×

Iklan

Iklan

2 (Dua) Ahlur Ra'yi (Arab: ahl ar-ra'y)

| Maret 26, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-26T07:34:05Z
tegursapanews -  Mazhab Ahlur Ra'yi ini sebenarnya diawali oleh Ibnu Mas'ud tatkala ia telah menetap di Irak. Penggunaan akal dalam berijtihad yang dilakukan oleh Umar bin Khattab sangat dikaguminya. 

Penggunaan akal dalam menetapkan hukum ini tidak saja dalam hal-hal yang tidak terdapat ketentuannya dalam nas, tetapi juga terhadap nas yang secara jelas menentukan suatu hukum. 

Sikap Umar ini dapat dilihat dari fatwa hukumnya tentang orang muallaf (orang yang baru masuk Islam) yang datang minta pembagian zakat kepadanya. 

Ketika itu Umar melihat bahwa orang yang datang meminta zakat itu tidak selayaknya diberi zakat karena melihat orang tersebut tidak dapat dikelompokkan ke dalam tuntutan ayat. 

Artinya ilah hukum yang ada pada ayat tidak sesuai dengan keadaan orang muallaf yang datang meminta zakat tersebut. Oleh sebab itu orang tersebut tidak diberinya pembagian zakat. 

Sikap Umar bin Khattab inilah yang dikembangkan oleh Ibnu Mas'ud di Irak. Kemudian cara berpikir melalui ijtihad yang dikembangkan Ibnu Mas'ud ini di ikuti oleh muridnya, Ilqimah bin Qais. 

Dan selanjutnya di kembangkan oleh Ibrahim an-Nakha'i, dan Himad bin Abi Sulaiman, yang merupakan guru Imam Abu Hanifah. 

Untuk selanjutnya Irak di katakan sebagai sekolah ar-Ra'yi. 

Bersambung..... 

Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel , Jalan A Yani Surabaya, Selasa 26 - Maret - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews, Sponsorship Universal Institute of Professional Management (UIPM) 

U I P M

E C O S O C

For further information call me: 0818 536 867

×
Berita Terbaru Update