Notification

×

Iklan

Iklan

2 (Dua) Akal (Arab: 'aql)

| Maret 17, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-17T09:06:10Z
tegursapanews -  Di samping kata 'aqala, Al-Qur'an juga mempergunakan kata-kata yang menunjukkan arti berpikir tersebut, seperti nazara yang berarti melihat secara abstrak (berpikir), dalam al-Qur'an terdapat pada lebih dari 120 ayat; tafakkara yang artinya berpikir terdapat pada 18 ayat; faqiha yang berarti memahami terdapat pada 20 ayat; tadabbara yang juga semakin dengan 'aqala terdapat dalam 8 ayat; tazakkara yang berarti mengingat terdapat dalam 100 ayat. 

Pengertian yang jelas tentang akal ini didapati dalam pembahasan-pembahasan para filusuf Islam. Al-Kindi mengemukakan bahwa dalam jiwa manusia terdapat dalam tiga daya, yaitu daya bernafsu yang terdapat di perut, daya berani yang terdapat di dada, dan daya berpikir yang terdapat di Kepala. 

Akal sebagai daya berpikir yang terdapat di Kepala terbagi pula menjadi dua, yaitu akal praktis dan akal teoretis. Akal praktis adalah akal yang menerima arti-arti yang berasal dari materi melalui indra pengingat. 

Akal teoretis menangkap arti-arti murni, yaitu arti-arti yang tak pernah ada dalam materi, seperti Tuhan, roh, Malaikat. 

Akal praktis memusatkan diri pada alam materi, sdangkan akal teorities sebaliknya bersifat metafisis, mencurahkan perhatian pada alam immateri. 

Bersambung..... 

Kedinding Lor Surabaya, Ahad - 17 - Maret - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews, Sponsorship Universal Institute of Professional Management (UIPM) 

U I P M

E C O S O C

For further information call: 0818 536 867
×
Berita Terbaru Update