Notification

×

Iklan

Iklan

4 (Empat) Ahlur Ra'yi (Arab: ahl ar-ra'y)

| Maret 27, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-28T03:37:22Z
tegursapanews -  Bandingkan Ahlur Ra'yi adalah Ahlur Hadits yang berpusat di Hedzjaz. Para tokoh ahlulhadits diantaranya adalah Imam Malik, Imam Syafii  dan Imam Ahmad bin Hambal (Imam Hambali). 

Berbeda dengan Ahlur Ra'yi, kelompok Ahlulhadits lebih mendahulukan Hadits-hadits Nabi Muhaammad Saw yang bersifat ahad dari pada pendapat akal, jika Hadits-hadits tersebut memenuhi syarat kesahihannya. 

Dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi, sedapat mungkin mereka berusaha mencarikan nas dari al-Qur'an atau Hadits. 

Sikap mereka yang berpegang kuat pada hadits-hadits Nabi Saw inilah yang membuat mereka di sebut sebagai ahlulhadits. 

Dalam sejarah hukum Islam, Ahlur Ra'yi yang dikatakan mendahulukan rakyu dari Hadits, ternyata banyak sekali menggunakan hadits-hadits dalam mendukung hasil ijtihad mereka. 

Bahkan dalam kitab-kitab fiqih mereka di temui hadits-hadits yang di nilainya lemah (daif) dalam mendukung hasil ijtihad yang mereka lakukan. 

Sebaliknya ahlulhadits yang berusaha keras dalam mencari hadits-hadits yang akan mendukung ijtihad mereka, ternyata dalam berijtihad mereka juga mempergunakan analis akal (rakyu). 

Habis..... 

Fakultas dakwah dan komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya, Kamis - 28 - Maret - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews, Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 

U I P M

E C O S O C

For further information call me: 0818 536 867


×
Berita Terbaru Update