Notification

×

Iklan

Iklan

6 (Enam) Akal (Arab: Aql)

| Maret 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-23T09:13:40Z
tegursapanews -  Kemampuan akal sebagai daya berpikir yang ada dalam diri manusia juga menjadi permasalahan yang menarik perhatian kalangan usul fiqih artinya para usuli juga memperdebatkan masalah penggunaan akal ini dalam berijtihad, sehingga muncullah apa yang dikenal dengan ahlur ra'yi sebagai bandingan ahlul Hadits (orang yang berpegang kepada Hadits). 

Namun demikian masing-masing pihak tetap menganggap al-Qur'an dan sunnah sebagai sumber utama hukum Islam. 

Perbedaan tentang penggunaan akal baru muncul tatkala ijtihad dilakukan dalam keadaan tidak ada nas yang mengatur secara jelas permasalahan yang sedang dihadapi. 

Atau ada Hadits Ahad (Hadits yang diriwayatkan seorang perawi) yang kandungannya bertentangan dengan pendapat akal. Apakah Hadits dipakai atau pendapat akal yang didahulukan. 

Kalangan Hanafi (Pengikut Imam Hanafi), yang dikenal banyak mempergunakan akal dalam berijtihad, memberikan syarat-syarat yang cukup ketat untuk dapat diterimanya sebuah Hadits Ahad. 

Namun, sebagaimana dikatakan diatas, kalangan ahli usul ini tetap menyandarkan pendapat mereka kepada Al-Qur'an dan Sunnah. 

Sekalipun dalam hasil ijtihad itu pendapat akal lebih dominan, namun dalam kenyataannya hasil ijtihad tersebut baru merka anggap sah jika ada legitimasi dari syarak. 

Oleh sebab itu, sekalipun kalangan Hanafiah banyak menolak Hadits Ahad, namun dalam buku-buku fiqih mereka banyak sekali didapati Hadits-hadits ahad. 

Dan kadang-kadang Hadits Ahad yang mereka pakai tersebut tidak diterima oleh kalangan ahlul Hadits. 

Bersambung..... 

Kedinding Lor Surabaya,  Sabtu - 23 - Maret - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews, Sponsorship Universal Institute of Professional Management (UIPM) 

U I P M

E C O S O C

For further information call: 0818 536 867
×
Berita Terbaru Update