Notification

×

Iklan

Iklan

67 (Enam Puluh Tujuh) Pujian dan Benturan dalam Kehidupan Sang Imam

| Maret 10, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-11T01:23:56Z
tegursapanews -  Murid beliau yang kelak menjadi salah satu Imam Mazhab bernama Imam Syafii, mengatakan, "Jikalau ada Hadits maka Imam Maliklah bintangnya. 

Jikalau disebutkan (kata) ulama maka Imam Malik-lah (juga) bintangnya." Ia juga berpesan, "Barang siapa menginginkan hadits sahih maka hendaknya ia menemui Imam Malik."

Demikian pula dengan Imam Ahmad bin Hambal yang berkata "Semoga Allah SWT merahmati Imam Malik."

Hati tenang mendengarkan hadits dan fatwa beliau. Dan memang layak untuk tenang. Bagi kami, Imam Malik adalah Hujjah yang sangat mengikuti Atsar-Atsar sahih menurut beliau."

Khalifah Ibn Mandy suatu kali mengatakan, "para imam manusia pada jamannya, ada empat. Sufyan Ats Tsaury di Kufa, Malik di Hijaz, Al-Auzai di Syam, dan Hammad bin Zaid di Bashrah".

Ia pun lalu menambahkan, " Aku tidak melihat seorangpun yang lebih kuku akalnya melebihi Imam MalikMalik".Senada dengan An-Nasai yang mengatakan, "Setelah Tabi'in, tidak ada bagiku yang lebih cerdas dan lebih mulia melebihi Imam Malik. 

Lebih terpercaya dari dirinya, lebih aman haditsnya, dan lebih sedikit periwayatnya dari orang-orang yang lemah."

Hal ini, kurang lebih, disebabkan kelebihan Sang Imam, sebagaimana dikatakan Muhammad bin Saad, "Malik adalah seorang Tsiqah, amanah, kuat hafalannya, ahli fiqih, warak, Hujjah, dan Alim."

Bersambung..... 

Salor... Samping Suramadu, Surabaya, Senen - 11 - Maret - 2024

Abdul Chalim, CEO tegursapanews, Sponsorship Universal Institute of Professional Management (UIPM) 

U I P M

E C O S O C

For further information call: 081 333 999 867
×
Berita Terbaru Update