Notification

×

Iklan

Iklan

Status Safari Ibadah Umrah Ramadan Setara Manasik Haji Bersama Nabi

| Maret 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-14T09:55:15Z
tegursapanews -  Alhamdulillah pada awal tahun ini, kita dapat info tentang karib kerabat kita tetesan darah Puyang Abdullah Tn Fadhil Rusdi sekeluarga di Tebing Tinggi Empat Lawang dan Pn Fatimah Sindak di Prabumulih Sumsel. Mereka itu baru saja pulang melaksanakan Safari Ibadah Umrah di Tanah Suci Makkah dan Madinah.

Kisah lucu dan bikin kita tersenyum, kemarin Pn Fatimah adik kandung al-Maghfur Arifin dan kakak kandungnya Tn Nurdin Sindak di Curup Bengkulu. Beliau bercerita, ketika di Makkah bertemu dengan kita sedang berada di tanah suci. Cerita tersebut ada kesamaan dengan guyonan sahabat karib di Perum Manggalarang Sidoarjo Jawa Timur Tn Djoko Subagyo yang pernah melihat kita di tempat kelahiran Rasul Global Nabi Muhammad SAW.

Profil Masjid Nabawi di Madinah yang luasnya sekitar 16 hektar kiblatnya ke arah Selatan. Kita pernah nginap di hotel yang posisinya berada di sebelah Barat, Utara dan Selatan ketika kita sedang di kota Madinah al-Munawarah. Dengan itu, kita pernah berangkat ke masjid Nabawi dari tiga arah mata angin.

Setiap datang bulan suci Ramadan seperti pada saat ini, salah satu kenangan yang tidak akan pernah terlupakan seumur hidup. Kita pernah ikut melaksanakan Salat Tarawih di lantai atas Masjid Nabawi bersama anak anak usia sekolah yang lahir di kota Madinah pada bulan Agustus 2010.

Selain itu, kita juga pernah menikmati hidangan takjil di dalam Masjid Nabawi sebelum salat Magrib. Hidangan takjil yang disediakan para petugas berupa buah kurma, roti, teh dan kopi selain Air Zamzam. Seusai berbuka puasa, kita melihat dalam waktu relatif singkat. Semua sisa hidangan bersih di dalam masjid. Pada tahun ini, takjil buka puasa yang dihidangkan tersebut dilarang pemerintah Arab Saudi.

Alkisah tahun lalu, kita pernah memberikan saran kepada karib kerabat kita Tn Hamsidi Abni di kota Pasuruan Jawa Timur dan Tn Hasanuddin di Lahat. Kalau ingin mendapatkan nilai ibadah Umrah yang setara dengan nilai Manasik Haji bersama Nabi Muhammad SAW, ambil saja program Safari Ibadah Umrah bulan Ramadan.


Pada bulan ini, kita membaca info di medsos bahwa semua Kebun Duku (Hepang) di wilayah kesultanan Palembang sedang panen raya, termasuk di area Gedung Agung Merapi Timur Lahat Sumsel. Dalam hal ini, kita menduga, bahwa banyak karib kerabat dan sahabat karib kita di kampung halaman yang mendapatkan kesempatan emas untuk melaksanakan Safari Ibadah Umrah ke tanah suci atas limpahan dari Rizki Buah-buahan tersebut. Barokallah Amien.

Rabu, 13 Maret 24
Sabdasheh

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Editor: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update