Notification

×

Iklan

Iklan

163 (Seratus Enam Puluh Tiga) Dari Stagnasi Menuju Reformasi

| April 07, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-07T09:06:40Z
tegursapanews -  Pada masa Dinasti Turki Utsmani, kondisi keilmuan di al-Azhar mengalami stagnasi dan kemunduran yang drastis. 

Pada masa itu, ilmu-ilmu non keagamaan tidak dipelajari lagi, kecuali yang berkaitan dengan penghitungan dalam ilmu Faraid dan penentuan waktu shalat dan awal bulan. 

Meskipun al-Azhar mengalami pembangunan secara besar-besaran dari segi fisik pada masa pemerintahan Abdurrahman Kadkha, Gubernur Utsmani di Mesir, namun kemunduran dari segi keilmuan tetap berlangsung. 

Pada tahun 1896, datanglah Jamaluddin al-Afghani ke Mesir dan mengajar di al-Azhar. Di sela-sela pengajarannya, ia mengajak umat Islam untuk mempelajari ilmu-ilmu modern, seperti ilmu pengetahuan alam, kimia, dan matematika yang pernah menjadi kebanggaan umat Islam di masa lampau. 

Namun, karena tidak di pelajari lagi akhirnya umat Islam menjadi tertinggal oleh umat lain. Ia juga mengajak umat Islam untuk menggalang persatuan. 

Karena memiliki argumentasi-argumentasi yang kuat, banyak pemikir Islam saat itu yang tertarik dengan pemikiran Jamaluddin al-Afghani. 

Mereka antara lain Muhammad 'Abduh, Ahmad Orabi, Sa'd Zaghlul, dan Abdullah Nadim. Mereka semua adalah alumni al-Azhar. 

Madrasah darul Ulum, yang didirikan tahun 1871, merupakan langkah untuk mereformasi al-Azhar dari Luar. 

Di madrasah ini di pelajari bahasa Perancis, matematika, kimia, dan ilmu pengetahuan umum lainnya, di samping ilmu-ilmu agama. 

Murid-muridnya adalah murid-murid pilihan dari al-Azhar; dan guru-gurunya dalam bidang agama dan bahasa Arab juga dari ulama al-Azhar. 

Namun, usaha mereformasi al-Azhar melalui Darul 'Ulum ini kandas karena pada tahun 1945 Darul 'Ulum di gabungkan dengan Universitas Kairo. 

Bersambung..... 

Kedinding Lor Surabaya, Ahad - 7 - April - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews, Sponsorship Universal Institute of Professional Management (UIPM) 

U I P M

E C O S O C

For further information call me: 0818 536 867


×
Berita Terbaru Update