Notification

×

Iklan

Iklan

176 (Seratus Tujuh Puluh Enam) Mengawali Pemerintahan Yang Keras

| April 22, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-23T02:39:08Z
tegursapanews.com -  Pengaruh Kaum Mamluk di Mesir belum sepenuhnya pudar. Maka, diawal pemerintahannya, Muhammad Ali berupaya menyingkirkan terlebih dulu pihak-pihak penentang kekuasaannya. 

Tahun 1811, kaum Mamluk dapat ditaklukan. Setelah semua ancaman disingkirkan, mulailah berbagai pembaruan dikerjakan. 

Salah satu bidang yang menjadi fokus pembaruannya adalah militer. Menurut pendapatnya melalui kekuatan Militer akan dapat mengamankan kekuasaan dan pembangunan. 

Ia menyadari bahwa mengembangkan kekuatan militer hanya bisa dicapai dengan penguasaan pengetahuan modern. 

Terkait masalah tersebut, pada tahun 1819 dia mengutus seorang kolonel Save --  yang kemudian beralih ke agama Islam deng nama Sulaiman Pasya -- untuk memodernisasi angkatan bersenjata Mesir. 

Perdebatan dan pertarungan para pemimpin Mamluk untuk menguasai Mesir masih terus berlanjut sampai akhirnya dari pelabuhan Iskandaria muncul pasukan Perancis yang juga bermaksud ingin meraih Mesir. 

Pada tahun 1798, Napoleon berhasil menyerang Mesir dan menghancurkan sisa-sisa tentara Mamluk sekaligus memerintahkannya untuk meruntuhkan Piramida. 

Tidak hanya pasukan Perancis yang bergejolak ingin merebut Mesir, bahkan, Inggris pun mulai bersaing untuk meraih kekuasaan itu, terutama didaerah tepian sungai Nil di Iskandaria. 

Namun dibalik semua itu, tujuan utama pasukan Perancis mengepung Mesir adalah untuk melancarkan  serangan hebat pada kerajaan Inggris dengan cara memutus jalur komunikasinya dengan wilayah orient, sehingga ia memiliki daya tawar untuk menguasai dunia. 

Bersambung..... 

Kedinding Lor Surabaya. Selasa 23 - April - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews.com, Sponsorship Universal Institute of Professional Management (UIPM) 


U I P M

E C O S O C

For further information call: 0818 536 867

×
Berita Terbaru Update