Notification

×

Iklan

Iklan

24 (Dua Puluh Empat) Rujukan Ahli Nahu dan Penyair

| April 11, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-11T23:53:29Z
tegursapanews -  Selain Para Ulama, para penyair pun memuji Imam Syafii. Beliau bahkan dikatakan sebagai salah seorang Hujjah dalam Bahasa Arab, sebagaimana murid sang Imam yang bernama Ahmad bin Hanbal memuji, " perkataan Syafii adalah Hujjah dalam Bahasa Arab."

Menyapa demikian? Karena Syair sang Imam dapat dijadikan rujukan untuk mengetahui bagaimana bentuk Bahasa Arab sebenarnya. 

Lebih tepatnya, sebagaimana pujian yang di sampaikan al-Mubarrid bagi sang Imam, "Ia adalah orang yang paling pandai bersyair, paling mengetahui adab, dan paling mengenal al-Qur'an. Semoga Allah merahmati Syafii."

Suatu kali Ayyub bin Suwaid pernah mengimbau, "Pelajarilah bahasa dari Syafii." Sebab, sebagaimana dikatakan yunus bin Abdul 'Ala, "Jikalau Syafii berbicara tentang Bahasa Arab maka aku akan berkata, 'Is lebih mengetahui hal ini.'

Jikalau berbicara tentang Syair dan plantunnya maka aku akan berkata, 'Ia lebih mengetahui'. Bahkan Yunuspun menambahkan " Jikalau berbicara tentang Fiqih maka aku akan mengatakan, 'Ia lebih mengetahui.'

Bersambung..... 

Dusun Ngeledok, Desa Tulung, Kecamatan Kawedanan , Magetan, Jum'at - 12 - April - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews.com, Sponsorship Universal Institute of Professional Management (UIPM) 

U I P M

E C O S O C

For further information call: 081 333 999 867
×
Berita Terbaru Update