Notification

×

Iklan

Iklan

26 (Dua Puluh Enam) Murid-murid Sang Imam

| April 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-15T02:25:58Z
tegursapanews.com -  Ibrahim bin Khalid bin Abu Al-Yaman adalah seorang ulama sunnah yang menguasai ilmu Atsar. Ia meninggal pada tahun 237 H. 

Suatu ketika, tatkala salah seorang murid Sang Imam yang bernama Ahmad bin Hanbal (Imam Ahmad) ditanya pendapatnya tentang Abu Tsaur maka ia menjawab, "Abu Tsaur adalah orang yang paling mengenal sunnah." 

Namun demikian, Ahmad bin Hanbal barang kali tidak menyadari bahwa Sang gurupun memujinya. 

Imam Syafii suatu ketika pernah berkata, "Aku meninggalkan Baghdad dan tidak meninggalkan seorang laki-lakipun di sana yang lebih ahli fikih, lebih wara, lebih zuhud, dan lebih mengetahui daripada Ahamad," 

Bahkan, Qutaibah pun menggelarinya sebagai 'Pemikul Sunnah" Dan memberitahukan perihal tersebut pada siapapun yang mencintainya. 

Sementara itu, Al-Hasan bin Muhammad bin Shabbah Al-Baghdady atau Abu Ali Az-Zafarany diketahui sebagai seorang ahli fiqih dan Hadits pada zamannya, serta banyak belajar pada ulama besar. 

Ia akhirnya meninggal pada bulan Ramadhan, tahun 260 H. Yang terakhir, seorang ulama ahli Ra'yi bernama al-Husain bin Ali bin Zaid. 

Ketika menjadi murid Sang Imam, pikirannya berubah, lebih terbuka lengkap sisi keilmuannya. 

Ia di ketahui bergelar Abu Ali al-Karabisy, sesuai dengan profesinya yang menjadi pedagang kain kasar sebelum meninggal pada tahun 284 H. 

Bersambung..... 

Dusun Ngeledok, Desa Tulung, Kecamatan Kawedanan, Magetan. Senen - 15 - Aprill - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews.com, Sponsorship Universal Institute of Professional Management (UIPM) 

U I P M

E C O S O C
For further information call: 0888 3094 867
×
Berita Terbaru Update