Notification

×

Iklan

Iklan

Profil Kaum Agnia dan Kaum Duafa Yang Disebut Mustahiq

| April 08, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-08T08:59:19Z
tegursapanews -  Kemarin kita baca berita menarik di media online tentang artis papan atas yang bawa tas branded yang konon berharga sampai Rp 500 juta. Warga net bertanya, apa saja bahan tas tersebut dan siapa saja yang punya koleksi tas branded tersebut ?. 

Jawabnya Kaum Agnia yang disebut Crazy Rich (Super Sugih Harta) yang dikenal dengan istilah group miliarder. Bagi mereka itu punya kewajiban mengeluarkan Sadakah Zakat Mal sebanyak 2,5 persen dari total nilai kekayaan selama setahun kepada para mustahiq yang disebut 8 asnaf.

Alkisah ketika kita masih kecil ngaji di langgar  pada kiai kampung di Simpang Agung Merapi Timur Lahat Sumsel. Pada saat itu, semua orang tua sebagai wali santri menyuruh anak anaknya untuk membayar sadakah zakat fitrah ke rumah ustaz yang berupa beras 3 kg.

Sebagian dari mereka ada yang bawa uang dengan akad beli beras kepada kiai untuk bayar sadakah fitrah di akhir bulan Ramadan. Hal tersebut atas dasar, bahwa status ustaz di kampung termasuk dalam kelompok Fi Sabilillah.

Kemarin kita sudah bayar Sadakah Fitrah dalam wujud 3 kg beras yang sudah dikemas para pedagang beras di pasar dari pabriknya. Sadakah Fitrah tersebut kita berikan kepada anggota Satpam yang jaga kampung pada setiap malam hari. Mereka itu termasuk dalam kelompok kaum duafa, atas dasar bahwa mereka mendapat upah dari warga Rp 1.500 ribu setiap bulan.

Malam ini kita dapat postingan 2 macam video dari sahabat karib Tn Ahmad Zaidun di Gresik Jawa Timur yang berisi tentang fatwa  ulama kepada umat Islam dalam hal alamat yang lebih tepat dalam pemberian sadakah zakat fitrah setiap akhir bulan Ramadan.

Salah satu tujuan dari pemberian sadakah zakat fitrah kepada kaum duafa, supaya mereka pada hari raya Iedul Fitri beristirahat di rumahnya, mereka tidak mengais rizki untuk mencari sesuap nasi sebagai pengisi perut anggota keluarganya. 

Timbul pertanyaan dari netizen.
Apakah boleh Sadakah Zakat Fitrah umat Islam diberikan kepada kaum duafa yang non-muslim yang statusnya masih sahabat karib dan karib kerabat di kampung halaman ?. Wallahu aklam.

Senin, 08 April 24 
29 Ramadan 1445
Sabdasheh

Editor: Abdul Chalim

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update