Notification

×

Iklan

Iklan

192 (Seratus Sembilan Puluh Dua) Dukungan kuat dari Pemerintah yang berkuasa

| Mei 18, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-18T23:17:52Z
tegursapanews.com -  Selama pemerintahan Turki Utsmani, Peradaban Islam di Mesir mengalami kemundurun. Pasalnya, para penguasa percaya bahwa menuntut ilmu Filsafat, Ilmu bumi , ilmu Pasti, dan ilmu-ilmu sejenis itu bisa menyebabkan kemurtadan. 

Namun tidak lama kemudian terjadi perubahan arah peradaban dan pendidikan Mesir. Muhammad Abduh (w.1905) dan kawan-kawannya mendendangkan kebangkitan. 

Gema dari gagasan-gagasan tokoh ini dan para muridnya menggetarkan dunia Islam secara keseluruhan. Muhammad Abduh mengembangkan universitas Al-Azhar baik dari segi fisik maupun pemikirannya. 

Pengaruh lain yang penting bagi peradaban Dunia Islam adalah berdirinya Universitas-universitas di Mesir (1908) sesaat sebelum perang Dunia ke I. 

Universitas-umibersitas ini mempunyai berbagai fasilitas, seperti kedokteran, teknik, farmasi, pertanian, perdagangan, Hukum, dan sastra. 

Bertambahnya kesadaran akan pentingnya pendidikan menyebabkan universitas-universitas tumbuh subur, seperti universitas Iskandaria di Iskandaria dan Universitas 'Ain Syam (1950) di Kairo. 

Selain Dua Universitas itu, berdiri juga Universitas Mansyuriyah pada tahun 1972 (sebelumnya merupakan cabang dari Universitas Kairo). 

Universitas Tanta pada Tahun 1972 (sebelumnya merupakan cabang dari Universitas Iskandaria). 

Universitas Hilwan, Universitas Asyut pada tahun 1957, Universitas Mania, Universitas Manufia, dan Universitas Suez pada tahun 1976.

Di samping itu berdiri juga universitas Amerika yang di singkat AUC (American University in Cairo), yang berdiri sejak 1928, dengan tenaga pengajar dari Amerika. 

Bersambung..... 

Kedinding Lor Surabaya. Ahad - 19 - Mei - 2024

Abdul Chalim CEO tegursapanews.com. Sponsorship Universal Institute of Professional Management (UIPM) 


U I P M

E C  O S O C

For further information call: 08888 700 867
×
Berita Terbaru Update