Notification

×

Iklan

Iklan

Hewan Qurban Pada Saat Iedul Adha Yang Berkaki Empat

| Juni 19, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-19T07:39:15Z
Tegursapanews.com -   Kita dengar ada netizen yang bertanya kepada publik. Apa betul informasi di media online, bahwa artis papan atas Tn Irfan Hakim potong hewan qurban seekor Sapi Viatina dari Brazil yang termahal dan terbesar di dunia dengan harga Rp 64 miliar ? Subhanallah Ajib Jiddan.

Selain itu, kita juga sempat baca di media online bahwa Presiden Jokowi membeli Sapi Limosin sebanyak 39 ekor dengan berat antara 8.00 hingga 1.200 kg dengan harga rerata Rp 100 juta . Nilai harga total sekitar Rp 4 miliar. Sapi tersebut dibagikan kepada umat Islam di 38 provinsi dan OIKN Nusantara di Kaltim.

Alhamdulillah, siang hari ini, kita dapat jatah pembagian daging hewan qurban dari ketua panitia Masjid al-Furqon Manggalarang Sidoarjo sebanyak  2 kg. Status 10 ekor Sapi yang dipotong harini seharga likuran juta, hasil urunan tabungan dari 70 orang jamaah masjid selama 10 bulan dari awal Muharam sampai ke bulan Syawal.

Selama ini kita mendengar ada beberapa jenis hewan ternak yang dijadikan hewan qurban, yaitu yang disebut Onta, Kibas, Kambing, Sapi, Kerbau, dan Kuda yang berkaki empat. Kalau ada warga yang ternak Rusa dan Kijang seperti di Pulau Bawean, mereka boleh potong Rusa dan Kijang yang sehat dan cukup umur sebagai hewan qurban di hari raya Iedul Adha.

Konon di wilayah Sulawesi Selatan pernah tersiar kabar bahwa disana banyak warga muslim yang ternak Kuda. Dengan itu mereka berqurban dengan memotong hewan Kuda pada hari raya Iedul Adha seperti pada saat ini.

Berbeda lagi dengan kisah hewan qurban Umat Islam di wilayah Kudus. Mereka potong hewan Kerbau bukan potong ternak Sapi sampai saat ini, karena kebijakan para wali ketika mereka menyebarkan ajaran Islam dulu masih banyak warga masyarakat di Kudus yang beragama Hindu. Hal itu demi menghormati kepercayaan mereka yang menganggap Profil Sapi sebagai makhluk yang sakral.

Dalam masalah qurban tersebut, ada fatwa ulama di kampung, kita boleh potong hewan qurban yang berkaki dua seperti ayam, bebek, itik, angsa dan lainnya, jika tidak punya hewan yang berkaki empat. Dasar berpikirnya cukup sederhana, yaitu semangat umat mengalirkan darah hewan qurban di hari lebaran Iedul Adha. Barokallah Amien.

Selasa, 18 Juni 24 
13 Zulhijjah 1445
Sabdasheh

Editor: Abdul Chalim

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Universal Institute of Professional Management (UIPM) 

SDGs

For further information call: 0818 536 867
×
Berita Terbaru Update