Notification

×

Iklan

Iklan

Apakah Anda Mengenal Diri Anda Sendiri

| Juli 21, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-21T12:30:16Z
Oleh: Yusdi Lastutiyanto,CHt (IACT-USA).,CI*

"Knowing yourself is the beginning of all wisdom."
•Aristotle.•


Tegursapanews.com -  Potensi:  Apakah Anda pernah menemukan seseorang yang tidak pernah mengalami konflik batin? Tentu tidak, sebab semua orang yang masih hidup dan masih bisa berpikir secara jernih, akan berdialog dengan dirinya sendiri, ketika merencanakan sesuatu atau memutuskan sesuatu.

Dalam kajian ilmu psikologi dikatakan bahwa kita tidak pernah sendiri di dalam pikiran kita, setiap kita tidak bisa berkomunikasi dengan diri sendiri, konsep ini disebut dengan ego personality ada juga yang menyebutnya "Parts".

Parts adalah kepribadian mini yang ada dalam diri kita, yang merupakan kumpulan nilai, keyakinan, pengalaman, emosi, memori, program dan cara mengambil keputusan, ini menjadi satu kesatuan berpikir yang ada dalam diri kita.

Setiap harinya ada komunikasi antara Parts ini dalam diri kita, saat bangun pagi sampai menjelang tidur, mulai keputusan menggosok gigi sampai makan malam, dialog diri ini terus terjadi.

Jika konflik batinnya bersifat rutinitas tentu, eksekutif dalam diri kita akan berperan, tapi jika konflik batinnya cukup membingungkan, maka eksekutif dalam diri kita butuh referensi dan sudut pandang dari masing-masing "Parts", agar bisa membuat keputusan yang dianggap tepat.

Jika Anda mempelajari lebih dalam tentang Parts Therapy ini, ternyata ada pendekatan lain berbasis ego personality ini, misalnya Voice Dialog, Ego State Therapy, Inner Child Healing, Gestalt Therapy, Internal Family System, Schema Therapy dan Resource Therapy, semuanya terapi berbasis kepribadian mini, yang bertujuan melakukan memetakan, negoisasi dan resolusi antar Parts.

Di level Advanced Hypnotherapy Indonesian Hypnosis Centre, pendekatan psikoterapi antar Parts ini di ajarkan dan dilatih kepada pembelajar IHC dengan nama "Parts Therapy'

Dan di kelas Creative NLP Practitioner ada juga pembelajaran tentang "Parts" ini, tapi dengan nama "Parts Integration", lalu apa bedanya dengan "Parts Therapy"?

Untuk mempelajarinya lebih dalam Anda bisa ikuti kelas Creative Neuro Linguistic Programming level praktisi, selama satu hari yang diadakan secara Offline.

untuk info lanjut silahkan hubungi IHC di nomer wa.me/081 333 999 867

Dikelas ini Anda tidak hanya belajar tentang Parts Integration tentunya, sebab NLP membahas bagaimana bahasa yang kita gunakan bisa mempengaruhi sendiri dan memprogram ulang cara kita berpikir. Selain itu dikelas ini Anda juga belajar memahami program orang lain untuk bisa anda pengaruhi secara halus.

Kembali ke "Parts Therapy", ternyata dalam NLP beberapa alasan atau kita sebut asumsi dasar mengapa konsep Parts ini ada, diantaranya adalah:

• Seseorang bukanlah perilaku mereka, sebab setiap perilaku (parts) memiliki niat positif, minimal untuk menjaga diri mereka sendiri, setiap perilaku yang muncul didasarkan kebutuhan yang secara sosial bisa berubah.

• Setiap emosi berguna dalam konteks tertentu, munculnya Parts dalam diri punya alasan, dan bisa jadi berfungsi ideal dalam konteks tertentu.

• Informasi terpenting tentang seseorang adalah perilaku orang tersebut, apakah tujuan dari perilaku itu, apa tujuan dari mekanisme pertahanan diri dan ketrampilan koping yang muncul.

Dari tulisan panjang mengenai Parts ini semoga Anda tercerahkan untuk bisa mengenali diri Anda sendiri dan memahami bagian-bagian diri Anda.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih. 

Editor: Abdul Chalim

*Instructor Lisensi IHC

L O A

I H C
×
Berita Terbaru Update