Notification

×

Iklan

Iklan

Fobia Dan Hipnoterapi

| Juli 17, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-18T02:04:34Z
Oleh: Yusdi Lastutiyanto,CHt (IACT-USA).,CI

 "Hipnotherapy has been shown to be an effective treatment for phobias and other anxiety disorders by helping patients access their subconscious mind and alter negative patterns of thought."
By Dr. John Kappas


Tegursapanews.com -  Potensi:  Banyak orang yang belum mengetahui bahwa Hipnoterapi bisa membantu mengatasi fobia, hal ini bisa dikarenakan minimnya informasi terkait hal ini, walaupun ada sebagian orang yang sudah mengetahui dan merasakan manfaatnya.

Sebelum kita kaji lebih dalam, kita perlu cari tahu dulu apa itu fobia dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, jadi fobia adalah ketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya.

Fobia ada banyak jenisnya, seperti fobia pada gambar, fobia pada benda, fobia pada hewan, fobia pada tempat gelap dan lainnya.

Fobia sendiri biasanya terjadi karena ada suatu peristiwa atau pengalaman dimasa lalu yang merupakan asosiasi antara objek diluar kota dan emosi tertentu, misalnya; saat kecil kita pernah melihat kecelakaan dan melihat darah, lalu saat ada emosi takut dan mungkin sedih, apa yang kita lihat terekam dengan baik di memori jangka panjang kita, mulai saat ketika melihat darah emosi takut dan sedih itu muncul, sehingga dimasa dewasa orang yang mengalami fobia darah akan menghindari tema-tema itu, dan ini juga cenderung terjadi pada fobia model lain.

Selanjutnya adalah, banyak orang yang tidak mengetahui apa perbedaan antara takut, fobia dan cemas. Takut adalah emosi dasar yang muncul karena adanya objek atau suasana diluar kita yang membahayakan, misalnya ular king cobra. Fobia objeknya ada dan cenderung tidak membahayakan, misalnya: fobia rambutan, sedangkan cemas objeknya tidak ada, cenderung dari dalam diri seseorang yang muncul akibat pengalaman, atau perasaan khawatir ditolak, gagal atau di kritik.

Dari beberapa penjelasan diatas, tema yang menarik saat ini adalah fobia, sebab ternyata hal ini bisa menghambat produktivitas seseorang, seperti fobia naik pesawat terbang.

Fobia sendiri memiliki usia, maksudnya berapa lama memori tersebut tersimpan dalam memori jangka panjang seseorang, dan jika stimulus eksternal muncul, maka film dipikiran seseorang akan terputar dan tentunya tubuh akan merespon, itulah mengapa ada seseorang yang fobia kerupuk, lalu dia melihat kerupuk saya itu dia bisa gemetar, teriak atau berlari.

Salah satu esensi dari hipnoterapi adalah mengubah persepsi dan sensasi terhadap memori internal yang tersimpan, seorang hipnoterapis akan mengubah, mengelola, menata, mengedit dan memodifikasi memori tersebut, sehingga tingkat sensitifitas terhadap pengalaman akan berkurang, bahkan bisa hilang, selama klien mengizinkannya.

Jika Anda saat ini memiliki fobia tertentu terhadap satu objek atau keadaan, Anda bisa menghubungi alumni Indonesian Hypnosis Centre yang tersebar hampir di seluruh kota besar di Indonesia.

Atau jika Anda mau belajar lebih dalam bagaimana membantu mengatasi fobia dengan cepat, Anda bisa belajar NLP (_Neuro Linguistic Programming_) yang diselenggarakan oleh Lembaga Olah Pikir Indonesia, dan bisa Anda bisa bertanya lebih detail di nomer berikut ini wa.me/0888 3094 867

Sekarang saya harap Anda sudah sedikit memahami apa itu fobia dan informasi untuk membantu mengatasi fobia Anda.

Jika suatu saat Anda berkunjung ke hipnoterapis untuk membantu mengatasi fobia Anda, ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab sebelum di intervensi dengan hipnosis, diantaranya adalah:

- Apa objek yang mempengaruhi emosi Anda?
- Apa nama emosinya dan apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika melihat objek pemicu fobia?
- Berapa umur Anda saat pertama kali mengalami fobia tersebut?
- Di mana pengalaman ini terjadi?
- Bagaimana persisnya hal itu terjadi?
- siapa yang bersama Anda saat itu?
- Apa yang terjadi jika Anda membayangkan objek tersebut dan berapa skala tidak nyamannya?
- Respon apa yang Anda harapkan berubah dalam diri Anda ketika melihat objek itu lagi?
- dsb

Dari proses awal ini seorang hipnoterapis akan menggunakan pendekatan terapeutik yang sesuai dengan kemampuan dan izin Anda, jika Anda atau klien berniat menghilangkannya maka proses bisa cepat dilakukan.

Lalu apa dan bagaimana pendekatan hipnosis yang dilakukan oleh seorang hipnoterapis?

Tentunya Anda bisa mengikuti kelas Fundamental Hypnosis dan Advanced Hypnotherapy hanya di Indonesian Hypnosis Centre, yang sudah terbukti mencetak praktisi hipnotis kompeten dengan pembinaan dan pendampingan secara berkala dan seumur hidup, untuk info lebih jelas dan detail terkait kurikulum dan proses belajar, silakan hubungi nomer wa.me/ 0888 3094 867

Semoga bermanfaat dan Terima kasih!

*Instructor Lisensi IHC /LOA


I H C

L O A
×
Berita Terbaru Update