Notification

×

Iklan

Iklan

Menjinakkan "Si Gremlin" Dalam Diri Kita

| Juli 15, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-15T15:39:07Z

Oleh: Yusdi Lastutiyanto, CHt (IACT-USA).,CI*

Tegursapanews.com -    Seorang psikoterapis senior bernama Rick Carson pernah membuat buku berjudul _"Taming Your Gremlin: A Surprisingly Simple Method for Getting Out of Your Own Way."_ sebuah buku yang menceritakan sisi "Gremlin" dalam diri kita. 

Gremlin adalah bagian dalam diri kita yang hadir dalam pikiran berupa suara di kepala yang bikin kita _down_, meragukan diri sendiri atau bahkan merendahkan diri sendiri.

Menurut Rick Carson, Gremlin ini juga selalu mengkritik diri sendiri dari sesuatu yang ingin dilakukan, ini bisa menghambat mental kita untuk melakukan perubahan.

Dalam bukunya Carson menjelaskan bagaimana mengatasi "Gremlin' ini atau "si inner critic" dalam pikiran kita agar kita lebih bahagia dan berani, berikut langkah sederhananya.

1. Menyadari bahwa "Gremlin" ini ada.

Sadari bahwa _'inner critic'_ selalu  berperan dalam dialog internal kita, bisa bertujuan menjaga diri kita atau punya tujuan positif yang tidak ketahui. Tapi biasanya "Gremlin" ini muncul sebagai pikiran negatif yang terus-terusan mengganggu kita. Gremlin bisa bikin kita jadi overthinking atau merasa nggak berharga. Jadi,  coba mulai memberikan perhatian pada diri, kapan dan bagaimana si gremlin ini muncul, biar kita bisa paham efeknya ke perilaku dan emosi kita. 

2. Mengamati tanpa Menghakimi

Carson menyatakan kita harus bisa mengamati pikiran dan perasaan tanpa nge-judge. Artinya, coba sadari pola pikir negatif yang muncul tanpa langsung baper atau berusaha mengubahnya. Teknik seperti meditasi dan mindfulness bisa bantu kita buat _stay calm_ dan merasakan si gremlin dengan jelas. Dengan begitu, kita bisa lebih paham pola-pola negatif yang sudah terbentuk. 

3. Penerimaan dan Fokus

Selanjutnya adalah menerima pikiran dan perasaan kita apa adanya, dan berlatih untuk lebih hadir di saat ini. Kalau kita bisa menerima kondisi mental dan emosional kita tanpa berusaha melawan atau mengubahnya langsung, kita bisa lebih paham dan berubah lebih dalam. Praktik mindfulness dapat membantu kita buat fokus sama momen saat ini dan tidak terpengaruh pikiran negatif. 

4. Mengubah Respons

Setelah kita bisa mengenali dan menerima pikiran negatif tanpa langsung baper, kita bisa mulai mengubah cara kita merespons mereka. Misalnya, daripada menyalahkan diri sendiri atas kesalahan, kita bisa belajar dari pengalaman itu dan fokus ke langkah konstruktif ke depan. Jadi, kita mulai mengembangkan pola pikir dan perilaku yang lebih positif dan konstruktif.

5. Melakukan Aksi Baru

Langkah terakhir adalah mengambil aksi berdasarkan pemahaman dan penerimaan baru kita. Perlu adanya batasan yang sehat, buat keputusan yang lebih baik, atau mengejar tujuan hidup yang sesuai dengan nilai dan keinginan kita. Dengan tindakan yang tepat, kita bisa lepas dari belenggu pikiran negatif dan hidup lebih bahagia dan bermakna.

Lalu apa manfaatnya mengenali dan menjinakkan "Si Gremlin" salam pikiran kita?

• Meredakan Stres dan Kecemasan.

Dengan mengatasi pikiran negatif yang terus-terusan muncul, kita bisa mengurangi stres dan kecemasan. 

• Stabilisasi Emosi

Kita bisa merasa lebih bahagia dan cukup dengan diri sendiri dan hidup kita. 

• Lebih Produktif dan Kreatif

Dengan menghilangkan hambatan mental, kita bisa lebih produktif dan kreatif di berbagai aspek kehidupan.

• Membangun Hubungan Sosial yang Lebih Baik

Dengan mengendalikan "gremlin" dapat membuat kita berinteraksi dengan orang lain lebih positif dan konstruktif. 

Jadi, menjinakkan "gremlin" itu tentang belajar mengenali dan mengelola bagian dari pikiran yang suka menghambat. 

Dengan proses yang penuh kesadaran dan penerimaan, kita bisa memilih suatu respon terakhir kritikan yang muncul dalam diri, sehingga "Si Gremlin" bisa muncul dengan fungsi positifnya. 

Yang perlu di ingat adalah setiap langkah kecil buat mengatasi pikiran negatif dapat membuat hidup sehat dan damai 

_Last but not least,_ menjinakkan 'Si Gremlin" dalam diri adalah upaya bagi kita untuk menjaga kesehatan mental diri dan menjalani hidup menjadi lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Jakarta, 15 Juli 2024

Editor: Abdul Chalim

*Instructor NLP Lisensi IHC

I H C - L O A
×
Berita Terbaru Update