Notification

×

Iklan

Iklan

Peran Klien Dalam Sesi Hipnoterapi

| Juli 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-15T15:39:47Z
Oleh: Yusdi Lastutiyanto, CHt (IACT-USA).,CI*

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya..."
(Surat Al-Baqarah, Ayat 286)

Tegursapanews.com -  Tahukah Anda bahwa klien sering dianggap pasif dan hanya menerima sugesti sesi hipnoterapi, padahal ada fungsi berpikir yang perlu bekerja, yaitu menerima informasi dan merekamnya untuk disimpan dipikiran bawah sadar, sebab nantinya informasi itu yang akan mempengaruhi paradigma berpikir dan perilaku.

Sebagai seorang hipnoterapis ada hal yang paling penting selain mengkondisikan klien dan memberikan sugesti, yaitu keterhubungan dan keterampilan menyadarkan pentingnya upaya dalam diri klien untuk sembuh.

Hipnoterapis perlu mengedukasi klien tentang hal apa yang berada dalam kendalinya dan diluar kendalinya, apa yang bisa diubah dan tidak bisa diubah, ini adalah penentu bagaimana nantinya afirmasi yang sudah tertanam, diberikan pupuk dan disirami air oleh klien, karena pada akhirnya nanti klien harus mampu berdiri diatas kakinya sendiri saat menghadapi dinamika hidup.

Pengalaman dalam sesi hipnoterapi mengajarkan saya beberapa hal untuk diajarkan pada klien sebelum proses terapi, diantaranya adalah:

1. Katakan pada klien diri sendiri adalah komponen penting dalam keberhasilan hipnoterapi, klien perlu meng-efikasi dirinya dan memahami konsep kendali mental, terapis berperan sebagai jembatan menuju perubahan.

2. Yakinkan klien bahwa dirinya punya kemampuan untuk memecahkan masalahnya, Anda bisa gunakan pendekatan agama yang menyatakan bahwa "Tuhan tidak akan menguji Hamba-Nya diluar batas kemampuannya.

3. Ajak klien untuk mengenali emosinya yang intens, yang memberikan gejala tertentu pada pikiran dan tubuhnya.

4. Perjelas apa pemicu stressornya dan pahami bagaimana pola klien menghadapi masalah, apakah _fight, freeze, flight_ atau _surrender._

5. Arahkan klien untuk menentukan tujuan akhir yang ingin dicapai, secara detail dan jelas, sebab semakin detail dan jelas suatu tujuan, semakin berpotensi untuk berhasil.

6. Edukasi klien tentang teori yang berhubungan dengan hipnosis, mulai dari niat berubah dan harapan, teori gelombang otak dan hormon, teori mindfulness, teori afirmasi, teori ruang pikiran bawah sadar, teori mindset dan persepsi, teori polaritas dan hikmah, teori fleksibiltas dan resiliensi, teori penerimaan dan pemaafan, teori dialog internal, teori respon dan pengkondisian ( jangkar emosi), teori manifestasi, teori membuat jalur baru di otak, teori rekonsilidasi memori dan teori perubahan. Banyak ya teorinya!  tidak semua perlu disampaikan, sesuaikan dengan pemahaman dan kemampuan Anda, dan yang paling penting untuk diajarkan kepada klien adalah _action._

7. Penugasan setelah terapi, misalnya baca buku, lihat film, buat jurnal, sosialisasi, dengar kisah sukses atau lagu, pembatasan sosial media, atau apapun yang merupakan asupan informasi yang berupa nutrisi pengetahuan sehat untuk otak.

8. _Self Hypnosis,_ yang terakhir dari sekian banyak catatan saya yang tidak saya bagikan dalam tulisan ini adalah sugesti diri, ajarkan konsep _Self hypnosis_' seperti yang sudah dipelajari dikelas Fundamental Hypnosis Indonesian Hypnosis Centre.

Ada beberapa hal juga yang penting ketika mengajar dan melatih _Self Hypnosis_ pada klien yaitu:

• Klien perlu mengendalikan pikirannya sendiri untuk bisa menanam afirmasi memberdayakan.

• Klien perlu memahami pentingnya kekuatan keinginan dari dalam dirinya.

• Klien juga perlu percaya pada efektifitas _Self Hypnosis_, dengan melakukan pengulangan dari setiap bentuk afirmasi yang ditanam, agar terinstal dan terprogram dipikiran bawah sadar.

Dari catatan diatas semoga Anda semakin memahami bahwa klien perlu sadarkan bahwa kenyataan eksternal adalah sesuatu yang perlu dihadapi dan dipecahkan, dan klien adalah penentu perubahan dalam hidupnya.

Saya kira cukup catatan saya kali ini, tetap semangat menjadi agen perubahan yang bernilai dengan hipnosis dan hipnoterapi, percayalah bahwa Semesta akan melatih Anda dengan apa yang telah Anda pelajari, cepat atau lambat tantangan itu pasti datang.

Salam pembelajar dan hipnosis.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

*Instructor NLP Lisensi IHC

Jakarta, 13 Juli 2024


INFO WORKSHOP LEMBAGA OLAH PIKIR INDONESIA (LOA)

Creative - NLP Practitioner Online Class
Senin s/d Jum'at. 22 - 26 Juli 2024
Pukul 19.30 - 21.30 WIB.
Info lanjut hubungi Admin IHC di nomer wa.me/6287805775533.

×
Berita Terbaru Update