Notification

×

Iklan

Iklan

Status Tiga Orang Presiden Indonesia Lahir Di Jawa Timur

| Juli 29, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-30T01:24:58Z
Tegursapanews.com -    Selama ini mungkin ada sejumlah orang yang pernah senasib seperti kita yang kadang bingung terhadap posisi lokasi wilayah Paciran dan Pacitan di Provinsi Jawa Timur. Dalam hal ini, supaya lokasinya tidak tertukar, kita buat kaidah sederhana, bahwa sebutan PaciRan terdapat huruf R yang berarti berada di pantai UtaRa Jawa, sedangkan PaciTan terdapat huruf T yang berarti wilayahnya di pantai SelaTan.

Tercatat dalam sejarah Islamisasi di Pulau Jawa, bahwa penduduk di wilayah sepanjang Pantai Utara dari Serang sampai ke Situbondo adalah masyarakat santri. Indikasi nama warga sebagai santri menggunakan bahasa Arab seperti nama Abdul Salam . Hal tersebut tidak lepas dari status makam Wali Songo yang berada di kota Cirebon Jawa Barat sampai ke Tuban, Lamongan, Gresik dan kota Pahlawan Surabaya Jawa Timur.

Berbeda dengan status masyarakat yang berada di wilayah Pantai Selatan dari Pacitan sampai ke Blitar yang disebut Mataraman. Dalam sosiologi agama disebut dengan masyarakat Abangan. Hal tersebut tampak dalam seni budaya Reog Ponorogo dan perayaan Malam Syuroan yang dilaksanakan setiap tanggal 01 Muharam.
 
Dalam hal ini antara Pantai Utara dan Pantai Selatan terdapat nama Kota Jombang. Konon nama tersebut berasal dari istilah warna Hijau dan Abang sebagai simbol status sosial Santri dan Abangan. Presiden Gus Dur dilahirkan dari tetesan darah KH Hasyim Asy'ari pendiri NU yang membangun pusat pendidikan Islam Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Sekarang berdiri ribuan pondok pesantren di wilayah Jawa Timur yang konon diawali dari pondok pesantren Ampel di Surabaya yang dibangun Sunan Ampel panggilan akrab dari Raden Rahmat. Konon dalam cerita rakyat bahwa, beliau Etnis Tionghoa dari Vietnam yang menyeberang laut sampai ke wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit yang pusatnya di Trowulan Mojokerto Jawa Timur.

Status Wilayah Jawa Timur yang sebelum agama Islam masuk ke tanah Jawa (al-Jawi) menjadi pusat kerajaan Hindu Budha, antara lain Kerajaan Kediri, Kerajaan Singosari, Kerajaan Jenggala, Kerajaan Majapahit dan kerajaan kecil lainnya. Dengan itu, tercatat beberapa tokoh nasional tetesan darah raja yang berasal dari Jawa Timur, seperti Tn Soekarno Presiden Indonesia yang pertama, orang tuanya berasal dari Blitar.

Kemudian profil Tn Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Presiden RI yang ke 4 lahir di Jombang, Tn Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden ke 6 lahir di Pacitan. Selain itu tokoh nasional asal Jawa Timur Wakil Presiden Soedharmono lahir di Gresik, Ketua DPR MPR RI Tn Harmoko lahir di Kertosono Nganjuk. Selama ini sudah tercatat dalam buku sejarah tentang ribuan nama tokoh nasional dan tokoh regional yang lahir di wilayah Jawa Timur.

Alkisah terhitung sejak tahun 1975 berada di Surabaya selama hampir setengah abad. Kita pernah bermalam di Sumenep Madura, Pulau Bawean di tengah laut Jawa, Bojonegoro, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kediri, Tulungagung, Madiun, Jombang, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Probolinggo, Batu dan kota lainnya di Jawa Timur. Barokallah Amien.

Senin, 29 Juli 24 
Sabdasheh

Editor: Abdul Chalim

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update