Notification

×

Iklan

Iklan

*1 (Satu) *Sejarah Dan Peradaban Cina Di Masa Lampau

| Agustus 20, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-21T02:13:37Z
Tegursapanews.com - Peradaban Cina: Secara geografis, wilayah Cina membentang dari Siberia hingga daerah yang beriklim tropis, dari Samudra Pasifik Hingga mencapai jantung Asia Tengah. 

Kondisi alamnya berupa dataran tinggi di bagian barat daya, dengan rangkaian pegunungan Himalaya yang berjejer melengkung seperti busur, membentang dari Hindukush hingga kepulauan Indocina. 

Padang rumput (stepa) membentang dari kawasan Siberia hingga Cina bagian Utara. Daerah pantai membentang dari muara sungai Amur, memanjang ke selatan. 

Daerah subur di kawasan aliran sungai-sungai besar mencakup area yang meliputi sungai Sungari dan Lao di Manchuria, dataran rendah Cina tengah yang luasnya mencapai 300 ribu kilometer persegi dan dialiri oleh Sungai Kuning atau Huanghe, kawasan aliran Sungai Yangzi, dataran rendah kanton, dan daerah aliran Sungai Merah di Vietnam. 

Iklim di Cina sangat bervariasi karena wilayahnya sangat luas. Daerah selatan dan Timur hingga bagian utara beriklim kering karena dipengaruhi oleh angin muson. 

Dari Utara hingga Selatan, Cina memiliki perbedaan garis lintang yang sangat tanam. Di Siberia, misalnya, berembus udara dingin, sedangkan di selatan, Iklimnya tropis. 

Bersambung..... 

Sumber: Encyclopedia Of Islamic Civilization

By: Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec dan Tim TAZKIA

Penyadur: Abdul Chalim

E C O S O C

U I P M

For further information call me: 0818 536 867
×
Berita Terbaru Update