Notification

×

Iklan

Iklan

12 Tanda Keadaan Hipnotik (Trance Indicators)

| Agustus 29, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-30T06:19:35Z
Oleh: Yusdi Lastutiyanto*

_"Anda menggunakan hipnosis bukan sebagai obat, tetapi sebagai sarana untuk menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar."_
– Milton Erickson

Tegursapanews.com - Trance Indicators: Hipnosis secara sederhana adalah kondisi di mana seseorang berada dalam keadaan rileks yang dalam dan fokus pada satu hal tertentu, fenomena ini berhubungan dengan gelombang otak yang mengalami perubahan, semakin dalam keadaan rileks seseorang, semakin berkurang juga interaksi antar Neuron di otak.

Dalam sesi hipnoterapi, ada beberapa tanda atau indikator yang menunjukkan bahwa seseorang telah memasuki keadaan hipnosis. Sebagai pembelajar Indonesian Hypnosis Centre hal ini penting untuk dipahami, sebab dengan adanya tanda-tanda trance, kita dapat mengetahui moment yang sesuai untuk memberikan sugesti. Berikut adalah penjelasan sederhana mengenai tanda-tanda hipnosis.

1. Diam / Gerakan yang Berkurang 
Saat seseorang berada dalam keadaan hipnosis, mereka cenderung menjadi lebih diam dan jarang bergerak. Tubuh terasa lebih tenang dan rileks. 

2. Kalimat Pendek 
Seseorang yang sedang dalam hipnosis biasanya berbicara dengan kalimat-kalimat pendek. Ini karena pikiran mereka lebih fokus dan tidak terlalu banyak berpikir panjang. 

3. Penurunan Keaktifan 
Ketika dalam kondisi hipnosis, tingkat keaktifan atau energi seseorang menurun. Mereka akan berbicara dengan suara yang lebih pelan dan tenang. 

4. Gerakan Hemat 
Gerakan yang dilakukan menjadi lebih sedikit dan hanya dilakukan jika benar-benar perlu. Ini menandakan bahwa tubuh mereka sangat rileks. 

5. Fokus 
Dalam hipnosis, perhatian seseorang sangat terpusat pada satu hal, seperti suara hipnoterapis atau perasaan dalam tubuh.

6. Refleks Menelan Berkurang 
Saat dalam hipnosis, orang cenderung jarang menelan. Ini menunjukkan bahwa mereka berada dalam keadaan rileks yang sangat dalam. 

7. Kedipan Mata Melambat 
Kedipan mata menjadi lebih lambat saat seseorang dalam hipnosis, yang menandakan bahwa mereka sedang sangat rileks, walaupun dalam beberapa fenomena yang justru mata bergerak cepat.

8. Wajah yang Simetris 
Otot-otot wajah menjadi lebih rileks, membuat wajah terlihat lebih simetris dan tenang. 

9. Mata Tidak Terfokus 
Mata seseorang mungkin terlihat tidak fokus, seperti menatap ke arah tertentu tanpa memperhatikan detail, sebab saat itu pikiran sedang berinteraksi dengan dirinya sendiri.

10. Pandangan yang Tetap 
Seseorang yang sedang dalam hipnosis mungkin akan menatap satu titik saja tanpa mengalihkan pandangannya. 

11. Denyut Nadi 
Menurun Denyut nadi akan menjadi lebih lambat, menunjukkan bahwa tubuh sedang berada dalam keadaan rileks. 

12. Nafas Rileks dan Dangkal 
Pernapasan menjadi lebih tenang dan dangkal, menandakan bahwa seseorang berada dalam keadaan santai. 

13. Mengambil Kata-Kata Secara Harfiah 
Seseorang yang dalam keadaan hipnosis cenderung memahami instruksi secara langsung dan harfiah, tanpa banyak berpikir. 

Catatan ini saya dapatkan dari kajian Ericksonian Hypnotherapy yang menggunakan konsep utilisasi, Milton Erickson memperhatikan tanda-tanda hipnotik yang dialami oleh subjek, untuk mengukur kedalaman trance, semakin dalam keadaan trance seseorang, semakin reseptif subjek terhadap sugesti. 

Milton Erickson mengatakan bahwa semakin dalam keadaan hipnotik, semakin mudah seseorang mempelajari hal baru, sebagai hipnoterapis mengetahui indikator ini penting untuk memastikan kesiapan klien dan meyakinkan diri bahwa terapi bisa berjalan dengan efektif.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih 

Bekasi, 29 Agustus 2024

*Instructor NLP Lisensi IHC


Editor: Abdul Chalim

L O A

I H C


×
Berita Terbaru Update