Notification

×

Iklan

Iklan

3 (Tiga) Sejarah Dan Peradaban Cina Di Masa Lampau

| Agustus 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-23T10:43:28Z
Awal Peradaban Cina

Tegursapanews.com - Peradaban Cina: Peradaban Cina berawal ketika berdiri berbagai negara kota di sepanjang Lembah Sungai Kuning pada zaman Neolitikum. 

Sejarah tertulus Cina dimulai dari masa Dinasti Shang (1750-1045 SM). Hal ini, antara lain, ditandai dengan ditemukannya tulisan kuno yang terdapat pada tempat purung kura-kura yang memiliki penanggalan radio karbon hingga 1500 SM. 

Pada zaman Dinasti Zhou 1045-256 SM), budaya, sastra, dan filsafat Cina sudah mulai berkembang. Berkembang pula tulisan Cina modern. 

Perpecahan dalam tubuh Dinasti Zhou, selain mengakibatkan munculnya beberapa negara kota, juga menciptakan "Periode Negara Perang".

Kemudian muncullah Qin Shi Huang, yang berhasil menyatukan berbagai kerajaan itu dan mendirikan kekaisar-an pertama di Cina pada tahun 221 SM. 

Sejarah dan pemerintahan di negeri Cina ditandai pergantian periode antara persatuan, konflik politik, dan perpecahan. Akibatnya pihak asing sempat menguasai Cina. 

Sebagian besar rakyat Cina terasimilasi ke dalam populasi suku Han. Budaya Cina modern terbentuk dari pengaruh budaya dan politik akibat gelombang migrasi ekspansi, dan asimilasi dengan orang-orang dari berbagai wilayah di Asia. 

Bersambung..... 

Foto: Kompas

Kedinding Lor Surabaya, Jumat - 23 - Agustus - 2024

Abdul Chalim CEO Tegursapanews.com Sponsorship Universal Institute of Professional Management (UIPM) 

E C O S O C

U I P M

For further information call me: 0818 536 867
×
Berita Terbaru Update