Notification

×

Iklan

Iklan

6 (Enam) KH. Saleh Lateng Banyuwangi (1862-1952) Pejuang Senyap Di Garda Depan Revolusi

| Agustus 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-15T12:53:46Z
Mengabdi Untuk Kebangkitan Ulama

Tegursapanews.com - Kiai: Kia Saleh Lateng merupakan tipikal Kiai penggerak. Beliau memegang peranan strategis dalam mengkonsolidasi jaringan Ulama santri untuk berdakwah dan mengawal kemerdekaan Indonesia. 

Kiai Saleh Lateng juga menjadi Kiai penting pada masa awal pendirian Nahdlatul Ulama, bersama Hadratus Syaikh Hasim Asy'ari, Kiai Wahab Chasbullah, Kiai Bisri Syansuri dan beberapa Kiai lainnya di penjuru Nusantara. 

Pada awalnya, Kiai Saleh Lateng menggerakkan Sarekat Islam. Hal ini merupakan hal yang lumrah, karena pada awal abad 20, pergerakan Syarikat Islam menjadi gerbong bagi para Kiai santri untuk menyuarakan kemerdekaan dan mengorganisasi diri. 

Meski pada akhirnya para Kiai memisahkan diri dari pergerakan Syarikat Islam. Hal ini juga terjadi pada Kiai Wahab Chasbullah, yang pernah menjadi penggerak Sarekat Islam sewaktu mengaji di Hijaz. 

Ketika kembali ke tanah air, Kiai Wahab Chasbullah membentuk organisasi sendiri dengan merangkul Kiai santri, dalam Tashwirul Afkar, Nahdlatul Tujjar, Nahdlatul Wathan, hingga kemudian terbentuklah Nahdlatul Ulama. 

Bersambung..... 

Kedinding Lor Surabaya, Rabu - 14 - Agustus - 2024

Abdul Chalim CEO Tegursapanews.com Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 

E C O S O C

U I P M

For further information call: 0818 536 867
×
Berita Terbaru Update