Notification

×

Iklan

Iklan

Intip Profil Supermoon Di Jendela Pesawat Air Asia

| Agustus 10, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-10T15:12:50Z
Tegursapanews.com - Supermoon:  Ada ungkapan pujangga yang disebut Kata Mutiara yang menyatakan bahwa "Orang malu bertanya sesat di jalan" dan jauh berjalan banyak yang dilihat, kecuali para tuna netra sejak lahir. Selain itu, bagi umat Islam, "banyak jalan menuju Kakbah".

Terkait dengan ungkapan tersebut, sepotong pengalaman yang sangat berharga. Kita pernah intip peristiwa penampakan Supermoon dari jendela Pesawat Air Asia di Timur Jauh pada waktu Subuh sebelum pesawat mendarat di Bandara  Internasional Incheon Seoul Korea Selatan pada tahun 2017. 

Profil Supermoon yang tampak berwarna Jingga sangat jelas. Ketika itu sayang kita tidak sempat bikin dokumentasi berupa foto dan video. Pengalaman lain yang unik lagi, kita sempat foto di dalam gerbong kereta listrik angkutan jamaah haji dari Stasiun Padang Arafah ke stasiun Mina Makkah Arab Saudi.

Kereta listrik tersebut hanya operasional selama 7 hari, yaitu pada saat umat Islam wukuf di Padang Arafah. Ketika itu kita bertemu para jamaah haji dari Pakistan, Bangladesh dan India di atas gerbong, ketika mereka berangkat dari tendanya dekat stasiun ke lokasi Jamarat Mina untuk melontar jumrah.

Pengalaman menarik yang lain, ketika kita sedang berada di Daerah Khusus Jakarta tahun lalu. Kita mendapatkan kesempatan naik kereta cepat Whoosh secara gratis dari stasiun Halim di Jakarta Timur ke stasiun Tegal Luar Bandung Jawa Barat. Perjalanan kita ditempuh selama 45 menit, kecepatan kereta buatan China tersebut 350 km perjam. 

Alkisah pada tanggal 07 Juli 2022, kita sempat keluyuran sampai ke Tugu Titik Nol IKN Nusantara di Sepaku Penajam Paser Utara Kalimantan Timur. Pagi tadi kita lihat di layar kaca laporan langsung wartawan tv, bahwa pada hari ini puluhan paskibraka Nasional terbang dari Jakarta ke IKN Nusantara membawa duplikat Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Kemerdekaan. 

Atas pemindahan ibukota negara dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara pada bulan ini yang bertepatan dengan perayaan Tahun Baru ke 80 Kemerdekaan Indonesia. Hitungan jarak dari kota Lahat Sumsel ke IKN Nusantara lebih jauh dibandingkan dengan jarak kota Lahat ke DKI Jakarta. Status Kota Lahat Sumsel adalah tempat kelahiran kita 70 tahun yang silam. Barokallah Amien 

Sabtu, 10 Agustus 24 
Sabdasheh

Editor: Abdul Chalim

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update