Notification

×

Iklan

Iklan

Karib Kerabat Dan Sahabat Karib Yang Bernama Awalan Seh

| Agustus 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-24T02:35:58Z
Tegursapanews.com - Seh:  Alkisah ketika kita umrah ke Simpang Agung Merapi Timur Lahat Sumsel pada awal Januari 2022. Ketika itu kita sempat keluyuran sampai ke kota Lubuklinggau, kita bertemu sahabat karib Tn Sehmudin diantarkan Tn Harun Muhammad yang lahir di Desa Tanjung Jambu.

Profil Sehmudin yang pernah sebangku waktu kita sekolah dasar 6 tahun di Kalangan Marga Gedung Agung Merapi pada tahun 1968. Beliau termasuk pengusaha pabrik Kopi yang sukses di kota Lubuklinggau, sekalipun hanya memiliki ijazah sekolah dasar. Beliau murid sekolah yang pintar selalu berada di ranking pertama dengan istilah Juara Kelas.

Ternyata banyak warga di kampung halaman yang bernama awalan Seh, termasuk nama Tn Muhammad Seh (Mamaseh) ayah kandung Tn Burhawan di Desa Tanjung Lontar Merapi Timur Lahat. Kita ingat nama yang masih hidup, antara lain Tn Sehardin, Tn Sehudin, Tn Sehadin, Tn Sehasan, Tn Sehamudin, Tn Sehadi, Tn Sehanan dan Sehusman. Sedangkan yang sudah wafat antara lain Tn Sehabunawar, Tn Sehamat, Tn Seharman, Tn Seharun dan yang lainnya.

Tercatat sejumlah nama tokoh Islam yang dipanggil Syeikh dalam sejarah perkembangan Islam di muka bumi. Yang terkenal dalam dunia akademis sebutan Syeikh Al-Azhar University Mesir. Selain itu tokoh Tarekat Naqsabandiyah Syeikh Abdul Qadir Jailani yang sering disebut umat Islam, ketika berdoa kepada Allah dalam acara ritual tahlilan di kampung.

Kemudian nama tokoh pendiri Jam'iyah NU Syaikhona KH Hasyim Asy'ari Jombang Jawa Timur termasuk gurunya Syaikhona KH Kholil Bangkalan Madura. Termasuk nama pendiri Ma'had al-Zaytun di Haurgeulis Indramayu Jawa Barat yang disebut Syeikh AS Panji Gumilang alumni Pontren Darussalam Gontor Ponorogo, yang lahir di Gresik Jawa Timur.

Selama kita sekolah dari Sekolah Dasar sampai ke Perguruan Tinggi sejak tahun 1962 sampai 1982 (20 tahun). Kita bersahabat dekat dengan sejumlah murid dan mahasiswa yang otaknya encer, cerdas dan cerdik pandai, antara lain Tn Muhammad Rum, Tn Abdul Hadi, Tn Asep Saifuddin Chalim, Tn Moh Ali Aziz , Tn Syafiq Mughni, Tn Nursyam dan sederet nama kawan yang lainnya, termasuk editor buku baru yang akan terbit Tn Abdul Chalim Ensiklopedi .


Sungguh banyak sekali hikmah yang kita dapatkan dari mereka sebagai sahabat karib selama sekolah dan setelah berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil di kampus UINSA Surabaya. Salah satu diantaranya, kita ditakdirkan Tuhan berangkat ke tanah suci Makkah dan Madinah atas bantuan dari KH Asep Saifuddin Chalim sebagai Ketua KBIH Amanatul Ummah Surabaya.

Demikian pula buku yang berjudul "Mutiara Islamisasi dari Aceh hingga Merauke" atas bantuan editor Tn Sokhi Huda  yang dengan cermat beliau memilih dan memilah judul dan daftar isi, hingga bisa diterbitkan atas sponsor Kementerian Agama Pusat Jakarta pada tahun 2019. Barokallah Amien.

Sabtu, 24 Agustus 24 
Sabdasheh

Editor: Abdul Chalim

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update