Notification

×

Iklan

Iklan

Metoda Islamisasi Melalui Karya Sutradara Film

| Agustus 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-26T06:33:10Z
Tegursapanews.com - Mutiara Islamisasi: Dalam buku yang diedit Tn Sokhi Huda dosen UINSA Surabaya yang diberi judul "Mutiara Islamisasi Dari Aceh Hingga Merauke" yang terbit pada tahun 2019. Termuat salah satu bab yang membahas tentang salah satu Metode Dakwah Islam "Dakwah Bial-Aflam" (Islamisasi via Karya Sutradara Film).

Metode dakwah Islam tersebut, kita sampaikan kepada para mahasiswa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dalam bentuk seminar di ruang kuliah. Kita tidak tahu, apakah metode dakwah Islam tersebut difahami oleh ribuan mahasiswa di wilayah Nusantara selama ini.

Dalam kitab suci al-Quran terdapat salah satu surat yang berjudul Surat al-Qashosh dari 114 Surat yang disebut dengan Surat Makkiyah dan Madaniyah. Kemudian dari 6.236 ayat banyak ditemukan informasi tentang kisah sejarah yang bersifat drama kehidupan, seperti kisah cinta Nabi Yusuf AS dan istrinya Siti Zulaihah.

Kemudian tentang masalah kisah cinta antara bujang dan gadis di tengah masyarakat. Kisah tersebut disuguhkan dalam cerita film, seperti film yang dibintangi Pn Widyawati dan Tn Sophan Sophiaan dengan Judul Cinta Remaja yang diproduksi pada tahun 1974. Kisah film tersebut pernah kita tonton di bioskop Siti pada waktu kita masih sekolah di PGAN 6 Tahun Lahat Sumsel pada tahun 1969 -1974.

Selain itu puluhan film Indonesia yang menarik bagi para pemuda yang bercerita tentang kisah percintaan. Bintang filmnya semua cantik menarik, seperti yang pernah kita lihat antara lain profil Pn Yati Octavia yang main bersama Tn Rhoma Irama dalam film yang berjudul Berkelana pada abad lalu.

Selain itu, terdapat puluhan judul film nasional tentang sejarah perkembangan Islam di Bumi Pertiwi, seperti film yang berjudul "Jejak Langkah 2 Ulama". Kisah perjuangan KH Dahlan pendiri Persyarikatan Muhammadiyah di Yogyakarta dan KH Hasyim Asy'ari pendiri Jam'iyah Nahdhatul Ulama di Surabaya.

Selain itu disajikan film nasional tentang kisah sukses perjalanan hidup Presiden BJ Habibie dan Pn Ainun Najib dengan bintang film Pn Bunga Citra lestari. Sederet kisah film film tersebut yang diputar di layar lebar dan di layar kaca selama ini, kisah yang berkaitan dengan sejarah. Pasti terekam dalam ingatan Jutaan penontonnya, termasuk kisah tragedi Gestapu PKI pada tahun 1965.

Status ribuan aktor dan aktris dalam film yang bernilai agamis. Mereka adalah warga negara yang turut berperan serta dalam aktivitas dakwah Islam di tengah masyarakat dengan cara akting yang disorot kamera atas dasar pengarahan sutradara sesuai dengan jalan cerita dalam film tersebut.

Selain Metode Dakwah Bial-Aflam yang pernah kita sampaikan kepada para mahasiswa di kampus UINSA Surabaya. Kita tulis dalam buku tentang Metoda Dakwah bial-Rihlah, Dakwah Bial-Nikah, Dakwah bial-Khithabah, Dakwah Bial-Jidalah, Dakwah bil-Kitabah, Dakwah bil-Tarbiyah, Dakwah Bial-Taubah, Dakwah Bial-Syi'riyah, Dakwah Bial-Hijrah, Dakwah Bial-Yad, Dakwah Bial-Amwal dan Metoda dakwah lainnya.

Senin, 26 Agustus 24 
Sabdasheh

Editor: Abdul Chalim

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update