Notification

×

Iklan

Iklan

Pakaian Seragam Dinas Disebut Dengan Pakaian Ihram

| Agustus 15, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-16T04:41:23Z
Tegursapanews.com - Seragam Dinas:  Semua warga negara Indonesia yang melihat siswa sekolah lanjutan atas dari seluruh tanah air yang berstatus Paskibraka dengan pakaian seragam yang gagah, pasti kagum dan bangga. Terhitung sejak tahun ini, siswa SLTA dari 38 provinsi yang berjumlah 76 orang bertugas di Istana Garuda IKN Nusantara PPU Kaltim yang tahun sebelumnya mereka tugas di istana Merdeka Jakarta.

Banyak ungkapan dalam Fatwa Pujangga yang diajarkan guru sekolah kepada murid di dalam kelas, seperti kalimat dalam bahasa Indonesia yang tertulis, "Harimau mati meninggalkan Belang, dan Gajah mati meninggalkan Gading". Status Belang pada Harimau dan Gading pada Gajah adalah wujud keseragaman dari ciptaan Tuhan terhadap makhluk di muka bumi.

Dalam ajaran Islam ada ketentuan yang wajib dipatuhi dalam aturan Manasik Haji dan Ibadah Umrah, yaitu tentang Pakaian Ihram (seragam dinas) yang berwarna Putih bersih tanpa jahitan. Konon sekarang ada aturan baru dari pemerintah kerajaan Arab Saudi, bahwa siapapun yang tidak memakai pakaian Ihram, mereka dilarang tawaf di Kakbah, karena sudah padatnya jamaah yang melaksanakan ibadah umrah setiap saat yang berasal dari seluruh penjuru dunia.


Kemudian para jamaah Safari Manasik Haji dan Ibadah Umrah dari wilayah Nusantara, mereka diharuskan memakai pakaian seragam Batik sebagai busana nasional pada saat mereka ke Bandara untuk naik pesawat terbang berangkat ke tanah suci dan saat kembali ke tanah air. Hal tersebut termasuk kebijakan pemerintah dalam menggerakkan roda perekonomian bagi para pengusaha industri pakaian Batik.

Atas eksistensi budaya pakaian seragam dinas (pakaian Ihram) di tengah masyarakat. Warga negara faham tentang status mereka yang lagi berpakaian seragam, seperti profil anggota TNI, Polri, Hakim, Dokter, Mahasiswa, Murid SLTP, termasuk Pasukan Kuning yang berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan kota.


Atas dasar kurang disiplin, pekan lalu muncul pengumuman dari instruktur buat kita sebagai peserta senam terapi kesehatan Ling Tien Kung di Taman Pinang Sidoarjo Jawa Timur. Instruksinya supaya semua peserta memakai pakaian seragam putih pada saat acara senam setiap Ahad pagi dan Rabu pagi. 

Yang pernah kita dengar, selama ini aparat negara yang tidak pernah memakai pakaian seragam, mereka yang disebut anggota aktif intelejen negara. Selain itu anggota OPM yang berstatus sebagai KKB di hutan belantara, bagi mereka tidak ada seragam khusus yang dijahit di Taylor di bumi Cenderawasih.


Status KKB berbeda dengan status organisasi masyarakat yang legal seperti Banser, Pemuda Pancasila, Pramuka dan lain sebagainya. Mereka itu punya pakaian seragam khusus yang membanggakan diri dan keluarganya, yang tampak gagah dan berwibawa.

Demikian pula rombongan wisatawan yang naik kendaraan bermotor ke pelbagai destinasi wisata di tanah air, seperti yang pernah kita alami saat tour ke Tulungagung Jawa Timur menggunakan pakaian seragam yang sudah diatur tim panitia. Barokallah Amien.

Jumat, 16 Agustus 24 
Sabdasheh
×
Berita Terbaru Update