Notification

×

Iklan

Iklan

Profil Khafifah Dan Risma Cagub Jatim Tahun 2024

| Agustus 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-29T02:11:58Z
Tegursapanews.com - Cagub: Alkisah 2 tahun lalu, ketika acara renungan malam peringatan Indonesia Merdeka pada 16 Agustus 2022 di Balai RW Manggalarang Candi Sidoarjo Jawa Timur. Pada saat itu kita pernah menyampaikan sebuah opini tentang nasib keberuntungan kaum perempuan di Indonesia,

Kita ungkapkan nasib keberuntungan tersebut antara lain Pn Megawati Soekarnoputri punya kesempatan berstatus Presiden Indonesia, Pn Khafifah Indar Parawansa berstatus Gubernur Jawa Timur dan Pn Tri Rismaharini berstatus Walikota Surabaya.

Ketika itu, kita sampaikan kepada warga RT 21 RW 06 Desa Larangan yang hadir tentang andai andai. Andaikan Bung Karno dan Bung Hatta tidak pernah membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Jumat, tanggal 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur Jakarta. Mustahil ketiga wanita tersebut dan ribuan wanita lainnya akan menjadi pejabat publik di wilayah Nusantara.

Pada harini kita baca di media online dan lihat berita di layar kaca tentang calon Gubernur Jawa Timur yang mendaftar ke KPUD Pn Khafifah Indar Parawansa. Kemudian Pn Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDI-P di Jakarta telah mengumumkan status Pn Tri Rismaharini sebagai Calon Gubernur Jawa Timur dalam pilkada tahun 2024.

Status kedua tokoh perempuan Jawa Timur tersebut pernah menjadi Menteri Sosial Presiden Jokowi. Selisih umur keduanya 4 tahun, Pn Tri Rismaharini lahir di Kediri pada tahun 1961, sedangkan Pn Khafifah Indar Parawansa lahir di Surabaya pada tahun 1965.

Ketika program pilkada serentak di seluruh wilayah Nusantara yang berlangsung pada Rabu, 27 November 2024, status Presiden Jokowi sudah lengser keprabon terhitung sejak Ahad, 20 Oktober 2024 yang dilanjutkan oleh Presiden Prabowo Subianto masa bakti 2024 - 2029 hasil pemilu pada Rabu, 14 Februari 2024. 

Dalam sejarah pilkada di Jawa Timur tercatat, bahwa cagub dari PDI-P belum pernah menang dalam pemilu sejak Era Reformasi. Namun tercatat dalam sejarah politik, salah seorang aktvis GMNI yang di sebut Marhaenisme pernah menjabat Gubernur Jawa Timur Tn Soekarwo selama 2 priode (2009 - 2019) sebelum dijabat Pn Khafifah Indar Parawansa. 

Dalam hal ini timbul pertanyaan dari netizen. Apakah kasus tersebut akan terulang kembali dalam pilkada di akhir tahun ini ?

Dalam dugaan kita sementara, tentang pilihan cagub bagi warga negara yang berdomisili di Perum Manggalarang Candi Sidoarjo Jawa Timur. Tidak menutup kemungkinan perolehan suara Cagub Pn Tri Rismaharini akan lebih banyak dari suara yang diperoleh Cagub Pn Khafifah Indar Parawansa dan Cagub Pn Luluk Nur Hamidah dari PKB. Barokallah Amien 

Rabu, 28 Agustus 24 
Sabdasheh

Foto: Istimewa

Editor: Abdul Chalim

Oleh:Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update