Notification

×

Iklan

Iklan

Profil Pahlawan Ario Soerjo Gubernur Termiskin Di Jawa Timur

| Agustus 17, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-17T23:13:52Z
Tegursapanews.com - Gubernur:  Sahabat karib kita Tn Hamim Rosyidi dosen UINSA Surabaya yang asli lahir dan besar di kota Magetan Jawa Timur. Konon beliau belum sempat berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Gubernur Soerjo di Pesarean Kerto Sasono Mulyo. Status beliau sebagai pejabat negara disebut juru kunci Profil Gubernur Termiskin di Jawa Timur.

Alhamdulillah persis pada pukul 15.00 WIB, hari Sabtu, 17 Agustus 2024, kita sempat kirim Surat al-Fatihah dan baca doa maghfirah buat arwah seorang Pahlawan Nasional Gubernur Soerjo di depan pusaranya di kota Magetan Jawa Timur, seperti lazimnya kita berziarah ke makam leluhur di dusun Simpang Agung Merapi Timur Lahat Sumsel.

Tadi kita sempat bertanya kepada petugas juru kunci makam tersebut. Siapa saja tokoh nasional dari Jakarta yang pernah datang untuk berziarah ke makam tersebut ? Beliau jawab yaitu Tn Prabowo Subianto Presiden Terpilih dalam pemilu pada Rabu, 14 Februari 2024 bersama adiknya Hashim Sujono Djojohadikoesoemo.

Pada saat kedatangan Calon Presiden Tn Prabowo Subianto pada tahun 2017, makam tersebut tidak terawat sama sekali. Kemudian baru dipugar oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang lahir di Magetan. Selesai pemugaran diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Pn Khafifah Indar Parawansa.

Dalam biografi Gubernur pertama Jawa Timur tersebut yang menjabat selama 3 tahun (1945 - 1948). Tn Ario Soerjo lahir pada 1898 dan wafat pada 1948, beliau wafat karena dibunuh secara sadis oleh gerombolan PKI di Ngawi. Beliau mantan Bupati Magetan yang berkuasa sejak tahun 1938 - 1943. Kemudian diangkat Presiden Soekarno sebagai Gubernur Jawa Timur setelah Proklamasi Kemerdekaan.

Tadi ketika di pesarean sempat timbul secuil pertanyaan di dalam hati. Apakah Status Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo menantu Raden Mas Arya Hadiwinoto Djojohadikoesoemo masih satu keluarga besar dengan Tn Prabowo Subianto yang leluhurnya mereka disebut bernama Tn Margono Djojohadikoesoemo ? Mereka itu tercatat dalam sejarah sebagai darah biru ningrat Jawa.

Sebelumnya kita juga sempat kontak sahabat karib di Perum Manggalarang Sidoarjo Tn Eddy Sumarsono yang juga kelahiran Magetan. Pada saat ini beliau sedang berada di Banjarmasin Kalimantan Selatan yang sudah punya program akan melaksanakan acara Reuni SMP Magetan di destinasi wisata Telaga Sarangan pada bulan November yang akan datang.

Mungkin ada netizen yang sempat bertanya. 
Atas dasar apa kita nawaitu berziarah ke makam Gubernur Soerjo di kota Magetan ? 
Hal itu sama dengan pertanyaan atas dasar apa, kita nawaitu berziarah ke makam Sultan Hasanuddin dan Pangeran Diponegoro di Makassar Sulawesi Selatan dan makam Tuanku Imam Bonjol di Minahasa Sulawesi Utara termasuk ke makam Sultan Mahmud Badaruddin 2 di Ternate Maluku Utara dan ke makam KH Ahmad Dahlan di Yogyakarta serta makam pahlawan nasional yang lainnya.

Jawabnya, mungkin saja atas dasar rasa nasionalisme kita yang menghargai jasa para pahlawan Islam nasional dalam perjuangan Indonesia Merdeka ? Pada hakekatnya, kita tidak tahu, kenapa hal tersebut dilakukan selama ini. Barokallah Amien.

Sabtu, 17 Agustus 24 
Sabdasheh


Editor: Abdul Chalim

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba
×
Berita Terbaru Update