Notification

×

Iklan

Iklan

Psikoterapi Dengan Hipnosis

| Agustus 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-26T02:41:24Z

Oleh: Yusdi Lastutiyanto*

_"The purpose of psychotherapy is to set people free."_ 
~ Rollo May ~

Tegursapanews.com - Hipnosis:  Tahukah Anda psikoterapi adalah proses transformasi yang mendalam dan holistik. Tujuannya tidak hanya untuk mengatasi masalah saat ini, tetapi juga untuk menciptakan perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan seseorang. Dengan psikoterapi seseorang bisa membebaskan penjara pikirannya yang bisa terjadi karena kesalahan berpikir.

Saat Anda memutuskan menjadi pembelajar Indonesian Hypnosis Centre, saat ini juga Anda adalah seorang psikoterapis yang menggunakan hipnosis dalam prakteknya, hipnosis menjadi modalitas dalam membantu klien mengatasi masalahnya, penggunaan hipnosis dalam terapi mempermudah klien menamakan sugesti baru dalam dirinya.

Berikut adalah beberapa area utama yang dapat diubah melalui psikoterapi.

 1. Kesadaran
Kesadaran adalah awal dari proses perubahan, saat seorang klien menyadari keadaan mentalnya, emosinya, caranya berpikir dan perilakunya, maka hal ini berpotensi pada penerimaan terhadap realita, ketika klien menerima maka pemaafan dan komitmen perubahan bisa dilakukan.

 2. Makan / Hikmah
Makna yang klien berikan pada pengalaman hidup, dapat mempengaruhi bagaimana mereka merasakannya dan bagaimana bertindak di masa depan. Dalam psikoterapi, makna ini seringkali dikaji ulang dan ditafsirkan kembali untuk membantu individu menemukan hikmah dan tujuan dalam pengalaman mereka.

 3. Sudut Pandang
Psikoterapi dapat membantu mengubah sudut pandang atau cara seseorang melihat situasi atau diri mereka sendiri. Perubahan sudut pandang ini sering kali membantu individu mengatasi masalah dengan cara yang lebih efektif dan sehat.

 4. Keyakinan
Keyakinan mendalam yang klien pegang tentang dirinya dan dunia sering kali mempengaruhi perilaku mereka. Psikoterapi dapat membantu mengidentifikasi dan mengubah keyakinan yang tidak sehat atau tidak realistis.

 5. Harapan
Harapan adalah faktor motivasi penting dalam psikoterapi. Mengubah harapan tentang masa depan dan kemampuan diri dapat meningkatkan motivasi dan hasil terapi.

 6. Strategi
Mengubah strategi atau pendekatan untuk menghadapi tantangan adalah bagian penting dari proses terapi. Strategi baru yang efektif dapat membantu individu mengatasi masalah dengan lebih baik.

7. Aksi
Terakhir, aksi atau perilaku yang diambil seseorang dalam hidup mereka dapat berubah seiring dengan proses terapi. Aksi baru yang lebih sehat dan produktif dapat memperbaiki kualitas hidup secara keseluruhan.

Melalui perubahan di berbagai yang telah saya tuliskan diatas, psikoterapi bertujuan untuk mendukung seseorang dalam mencapai kesejahteraan yang lebih baik dan kehidupan yang lebih bermakna.

Hipnosis dalam proses terapi memberikan banyak sumber daya tidak hanya untuk klien, tapi juga terhadap hipnoterapis.

Semoga tulisan ini menambah pengetahuan dan literasi Anda sebagai agen perubahan, semangat memberdayakan negeri dengan Hipnosis dan Hipnoterapi.

Terima kasih 

Jakarta, 25 Agustus 2024

Editor: Abdul Chalim

* Instructor NLP Lisensi IHC

L O A

I H C




×
Berita Terbaru Update