Notification

×

Iklan

Iklan

Rahasia Menguasai Ilmu Hipnotis

| Agustus 18, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-18T23:22:36Z
Oleh: Yusdi Lastutiyanto*

_“You don’t understand anything until you learn it more than one way.”_
- Marvin Minsky

Tegursapanews.com - Potensi:  Berada dalam WhatsApp grup komunitas pembelajar Indonesian Hypnosis Centre memberikan saya kesempatan untuk berinteraksi dengan pembelajar hipnosis dari Aceh sampai Papua, dari interaksi itu saya jadi mengetahui mana seseorang yang bersungguh-sungguh ingin memanfaatkan ilmu hipnotis untuk perubahan hidupnya dan mana orang yang hanya sekedar ingin tahu.

Lalu lalang komunikasi alumni IHC di WhatsApp grup sampai ada yang chat pribadi bagaimana hipnosis digunakan untuk pemberdayaan diri sampai terapi, ada yang berkomunikasi dengan cara yang santun dan ada juga yang istimewa.

Ada hal menarik yang saya pelajari ketika pembelajar IHC pada akhirnya memahami dan menguasai bagaimana hipnotis bekerja, yaitu _Grit_ dan _Growth mindset_, mereka memiliki niat, semangat, passion dan pikiran untuk bertumbuh, jadi ketika ada umpan balik dari para suyet dan kliennya mereka mencoba lagi, sebab mereka paham bahwa dalam setiap proses belajar tidak ada kata gagal, hanya umpan balik untuk memperbaiki diri, bayangkan jika Anda sekarang memiliki mental yang sama seperti alumni IHC yang sekarang sudah berhasil, hasilnya berpotensi maksimal.

Hal diatas adalah rahasia awal, yaitu memiliki _Grit_ dan _Growth mindset_, selanjutnya adalah   tentang tahapan belajar dan ini berlaku saat Anda belajar apapun.

Anda pasti paham bahwa hipnotis adalah seni berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar untuk membantu seseorang berubah atau merasa lebih baik. Banyak orang ingin belajar hipnotis karena manfaatnya yang beragam, seperti mengurangi stres atau meningkatkan konsentrasi. Hanya saja untuk menjadi penghipnotis yang kompeten, ada beberapa tahap yang harus dilalui dan perlu dipahami dalam belajar hipnotis.

1. _Unconscious Incompetence_ (Tahap Tidak Tahu Apa-Apa)
Pada tahap ini, Anda mungkin tertarik dengan hipnotis, tapi belum tahu banyak tentangnya. Anda belum menyadari bahwa hipnotis itu seni membangun keakraban, seni berkomunikasi, seni memberikan sugesti dan memahami tentang konsep gelombang otak manusia. Ini adalah tahap di mana Anda belum tahu bahwa Anda sebenarnya mampu melakukan hipnotis. Untuk maju ke tahap berikutnya, penting untuk berlatih dan mencari suyet yang suggestible.

2. _Conscious Incompetence_ (Tahap Sadar Bahwa Belum Bisa)
Di tahap kedua, Anda mulai menyadari bahwa hipnotis itu mudah tapi perlu berlatih lagi. Anda mulai paham bahwa ada teknik-teknik khusus yang perlu dipelajari dan dipraktekkan. Kesadaran ini membuat Anda termotivasi untuk mencari informasi lebih lanjut, membaca buku atau mengikuti kelas pengulangan di IHC, atau belajar dari mentor. Ini adalah langkah penting karena Anda menyadari bahwa Anda sudah mulai bisa dan siap untuk terus belajar.

3. _Conscious Competence_ (Tahap Sadar Bahwa Sudah Bisa)
Setelah belajar dan berlatih, Anda mulai menguasai dasar-dasar hipnotis dan menikmati prosesnya. Di tahap ketiga, Anda tahu bahwa Anda bisa melakukannya, tapi Anda masih harus berpikir dan keraguan setiap kali melakukannya. Latihan terus-menerus sangat penting di tahap ini, karena semakin Anda berlatih, semakin mudah Anda melakukannya tanpa berpikir panjang.

4. _Unconscious Competence_ (Tahap Bisa Secara Alami)
Tahap terakhir ini adalah ketika Anda sudah sangat mahir dalam hipnotis, sehingga Anda bisa melakukannya secara otomatis seperti menjentikkan jari, hal ini terjadi akibat proses latihan, atau kalau dalam Neurosains disebut terhubungnya jaringan neuron di otak. 

Hipnotis sudah menjadi bagian dari diri Anda, dan sudah berani dan bisa membantu orang lain mencapai kondisi hipnosis dengan mudah. Tahap ini hanya bisa dicapai dengan latihan dan pengalaman yang banyak.

Belajar hipnotis butuh waktu dan usaha, tetapi dengan memahami keempat tahapan ini, Anda bisa mengevaluasi diri dan mengetahui di mana posisi Anda saat ini dalam proses belajar. Setiap tahap punya tantangannya sendiri, tapi dengan tekad dan bimbingan yang tepat, siapa pun bisa menjadi Juru Hipnotis yang baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Semoga tulisan ini kembali memberikan kembali api semangat untuk Anda belajar Hipnotis, percayalah usaha tidak akan mengkhianati hasil, semakin sering Anda berlatih maka semakin piawai juga cara Anda menghipnotis.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih 

Jakarta, 18 Agustus 2024


Editor: Abdul Chalim

*Instructor NLP Lisensi IHC

INFO WORKSHOP LEMBAGA OLAH PIKIR INDONESIA (LOA)

Kelas Master Creative - NLP Online Learning
Senin s/d Jum'at. 26 - 30 Agustus 2024
Pukul 19.30 - 21.30 WIB.
Info lanjut hubungi Admin IHC di nomer wa.me/ 081 333 999 867
×
Berita Terbaru Update